Kesiapan Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada SD Negeri di Kabupaten Aceh Tengah
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.157Kata Kunci:
Kesiapan Guru;, Pendidkan Agama Islam; , Kurikulum Merdeka;Abstrak
Studi ini menyelidiki kesiapan guru PAI untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di SDN Aceh Tengah. Ini juga menyelidiki kesulitan dan peluang yang ada. Penelitian ini fokus pada persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan tantangan yang dihadapi guru. Penelitian ini dilakukan di 3 SDN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum, dan guru PAI. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesiapan guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka. Hal ini didukung oleh pemahaman yang terus meningkat dan dukungan antarguru. Kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka adalah keterbatasan sumber daya, manajemen waktu, dan kekurangan tenaga kerja. Solusi menyelesaikan masalah ini adalah dengan komunitas belajar, kolaborasi, dan pelatihan mandiri, serta adanya peningkatan anggaran untuk sekolah penggerak, sehingga lebih leluasa untuk melaksanakan, dan peningkatan kemampuan guru.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wien, Abdussyukur

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.