Kesiapan Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada SD Negeri di Kabupaten Aceh Tengah

Penulis

  • Wien Khakleri IAIN Takengon
  • Abdussyukur IAIN TAKENGON

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.157

Kata Kunci:

Kesiapan Guru;, Pendidkan Agama Islam; , Kurikulum Merdeka;

Abstrak

Studi ini menyelidiki kesiapan guru PAI untuk menerapkan Kurikulum Merdeka di SDN Aceh Tengah. Ini juga menyelidiki kesulitan dan peluang yang ada. Penelitian ini fokus pada persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan tantangan yang dihadapi guru. Penelitian ini dilakukan di 3 SDN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum, dan guru PAI. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kesiapan guru PAI dalam menerapkan kurikulum merdeka. Hal ini didukung oleh pemahaman yang terus meningkat dan dukungan antarguru. Kesulitan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka adalah keterbatasan sumber daya, manajemen waktu, dan kekurangan tenaga kerja. Solusi menyelesaikan masalah ini adalah dengan komunitas belajar, kolaborasi, dan pelatihan mandiri, serta adanya peningkatan anggaran untuk sekolah penggerak, sehingga lebih leluasa untuk melaksanakan, dan peningkatan kemampuan guru.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Khakleri, W., & Abdussyukur. (2024). Kesiapan Guru PAI dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada SD Negeri di Kabupaten Aceh Tengah. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.157