Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E

Penulis

  • Nurul Fadhilah Ammar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Khairina UIN Ar Raniry
  • Hafriani UIN Ar Raniry

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.173

Kata Kunci:

Learning Cycle 5E; Pemahaman Konsep; Konvensional.

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan modal penting yang harus dimiliki siswa dalam menguasai pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Sehingga dibutuhkan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran learning cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 4 Aceh Besar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data menggunakan lembar soal pretest-posttest. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh  dan  Karena    maka terima  dan tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Fadhilah Ammar, N., Khairina, & Hafriani. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 01–13. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.173