Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA/MA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.173Kata Kunci:
Learning Cycle 5E; Pemahaman Konsep; Konvensional.Abstrak
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan modal penting yang harus dimiliki siswa dalam menguasai pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Sehingga dibutuhkan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran learning cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitiannya adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 4 Aceh Besar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data menggunakan lembar soal pretest-posttest. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh dan Karena maka terima dan tolak . Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurul Fadhilah Ammar Nurul, Khairina, Hafriani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.