Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru

Penulis

  • Tri Sundari Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Sulistio Ningsih Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Safridha Yanti Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Desi Purnama Sari Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Arda Tonara Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.176

Kata Kunci:

Profesi Guru, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga

Abstrak

Pendidikan memiliki peranan penting dalam investasi jangka panjang kehidupan manusia dan menjadi kunci kesuksesan dimasa depan. Guru merupakan komponen paling penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Besarmya minat seseorang menjadi guru dipengaruhi banyak faktor yang mempengaruhi profesionalisme hasil kinerja seorang guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi diri, lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat menjadi guru.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi diri, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi di Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh.   Populasi dalam penelitian ini adalah 44 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling karena populasi penelitian ini kurang dari 100. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi diri, dan lingkungan keluarga secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menjadi guru. Sedangkan secara simultan persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi guru, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap variable minat menjadi guru dengan persentase sebesar 81,7%, sedangkan sisanya sebesar 18,3% dapat dideskripsikan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Sundari, T., Ningsih, S., Yanti, S., Sari, D. P., & Tonara, A. (2024). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 135–149. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.176