Penerapan Pendekatan Stem Berbasis LKPD Berbasis PIT Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Falak Siswa

Penulis

  • Eva Dwi Mulyani UIN Walisongo Semarang
  • Asih Pertiwi IAIN Langsa
  • Dessy Asnita Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Rosmiati Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Febriantika Wulandari Institut Agama Islam Negeri Langsa

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.188

Kata Kunci:

Pendekatan STEM, LKPD berbasis PIT, Ilmu Falak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan STEM berbantuan LKPD berbasis PIT untuk meningkatkan kemampuan siswa dan  meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu falak.  Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest Control Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII di MA Ulumul Quran Langsa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XII IPS sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA sebagai kelas Kontrol. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil presentase nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 52% dengan kategori kurang efektif, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 60% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian ini dapat disimpulkan penerapan pendekatan STEM berbantuan LKPD berbasis PIT cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Dwi Mulyani, E., Pertiwi, A., Asnita, D., Rosmiati, & Wulandari, F. (2024). Penerapan Pendekatan Stem Berbasis LKPD Berbasis PIT Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Falak Siswa. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.188