Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs): Implementasinya dalam Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.196Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Conceptual Understanding, MiskonsepsiAbstrak
Miskonsepsi merupakan suatu kesalahpahaman antara konsep yang dipahami peserta didik dengan konsep yang sebenarnya. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa miskonsepsi matematis peserta didik sering terjadi, sehingga diperlukan suatu model yang dapat mengatasinya yaitu menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dapat mengatasi miskonsepsi matematis peserta didik SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen yang berdesain pretest-posttest design. Sampel yang diambil adalah kelas XI MIA 2. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes uraian. Analisis data menggunakan uji statistik yaitu paired sample t-test yang diperoleh sehingga diterima yang berarti model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dapat mengatasi miskonsepsi matematis pada peserta didik SMA secara signifikan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Maulidiya, Muhammad Rizal

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.