Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara di Taman Kanak-Kanak

Penulis

  • Russy Ranggayoni Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.197

Kata Kunci:

Media Gambar Berseri, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar berseri dalam mengembangkan keterampilan berbicara di TK Swasta Mekar Sari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 4 – 5 tahun (Kelompok A) di TK Swasta Mekar Sari yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak sangat efektif untuk digunakan. Hal ini dibuktikan pada kegiatan pra siklus belum ada anak yang berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik, Siklus I anak yang belum berkembang (BB) 13% dan mulai berkembang (MB) 53%, sedangkan yang berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 27% dan 7% berkembang sangat baik (BSB). Pada siklus ke II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu berkembang sangat baik (BSB) 53% dan berkembang sesuai harapan (BSH) 40%, mulai berkembang (MB) 7% dan tidak ada lagi anak yang belum berkembang (BB).

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Ranggayoni, R. (2024). Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara di Taman Kanak-Kanak. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(1), 163–172. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i1.197