Pengembangan Butir Soal HOTS: Tantangan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.255Kata Kunci:
Pengembangan Butir Soal, HOTS, Pembelajaran PAIAbstrak
Soal HOTS dalam pembelajaran PAI dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menerapkan ajaran Islam dalam konteks kehidupan nyata, sekaligus mengatasi keterbatasan pembelajaran berbasis hafalan. Artikel ini bertujuan untuk menemukan tantangan utama dan solusi dalam pengembangan butir soal HOTS untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada pembelajaran PAI. Penelitian dilakukan melalui pendekatan studi literatur dangan mengumpulkan data dari berbagai jurnal ilmiah yang relevan dengan kajian penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa tantangan dalam pengembangan butir soal HOTS untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa pada pembelajaran PAI antara lain; keterbatasan pengetahuan guru, ketersediaan waktu dan sumber daya, kesulitan siswa dalam beradaptasi, sistem penilaian yang kurang mendukung, ketersediaan referensi dan contoh soal, variabilitas dalam pemahaman konsep, kurangnya dukungan dari sekolah dan pengetahuan kurang terintegrasi. Adapun Solusi yang diusulkan meliputi pelatihan intensif untuk guru, peningkatan kolaborasi antarguru, penerapan metode pembelajaran aktif, pengembangan kriteria penilaian yang jelas, penyediaan referensi seperti bank soal berbasis HOTS yang sesuai dengan nilai-nilai PAI dan memanfaatkan teknologi dalam penyusunan soal. Inovasi dalam pengajaran PAI melalui soal HOTS bukan sekadar pilihan, melainkan kebutuhan mendesak untuk melahirkan generasi yang berpikir kritis, kreatif, dan berpegang teguh pada nilai-nilai agama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rahmat Hidayat, Binti Rohmawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.