Pendidikan Karakter Multikultural Dalam Pembentukan Akhlak Siswa
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.262Kata Kunci:
Akhlak Siswa Pesisir, Pendidikan Berbasis MultikulturalAbstrak
Penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan kualitas akhlak siswa di SMP PGRI 32 Pulau Kampai, mengingat kondisi akhlak mereka yang memerlukan perhatian khusus. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak melalui implementasi pendidikan karakter multikultural di SMP PGRI 32 Pulau Kampai, baik dari sisi internal maupun eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan angket dan wawancara sebagai alat utama pengumpulan data. Subjek penelitian melibatkan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta siswa di SMP PGRI 32 Pulau Kampai. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan berbagai upaya yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan sejumlah strategi, seperti memberikan contoh teladan, mengintegrasikan ajaran Islam dalam proses belajar-mengajar, dan menyelenggarakan aktivitas keagamaan, seperti pengajian dan pelatihan ibadah bersama. Usaha ini memberikan dampak positif yang nyata terhadap peningkatan keimanan, moral, dan ketakwaan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendidikan berbasis multikultural dan pembinaan akhlak yang terintegrasi memainkan peran penting dalam pengembangan karakter siswa yang tinggal di wilayah pesisir.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 aini, fitriani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.