Pendidikan Karakter Multikultural Dalam Pembentukan Akhlak Siswa

Penulis

  • Nuraini IAIN Langsa
  • Fitriani IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.262

Kata Kunci:

Akhlak Siswa Pesisir, Pendidikan Berbasis Multikultural

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan kualitas akhlak siswa di SMP PGRI 32 Pulau Kampai, mengingat kondisi akhlak mereka yang memerlukan perhatian khusus. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak melalui implementasi pendidikan karakter multikultural di SMP PGRI 32 Pulau Kampai, baik dari sisi internal maupun eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan angket dan wawancara sebagai alat utama pengumpulan data. Subjek penelitian melibatkan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta siswa di SMP PGRI 32 Pulau Kampai. Data dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan berbagai upaya yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menggunakan sejumlah strategi, seperti memberikan contoh teladan, mengintegrasikan ajaran Islam dalam proses belajar-mengajar, dan menyelenggarakan aktivitas keagamaan, seperti pengajian dan pelatihan ibadah bersama. Usaha ini memberikan dampak positif yang nyata terhadap peningkatan keimanan, moral, dan ketakwaan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendidikan berbasis multikultural dan pembinaan akhlak yang terintegrasi memainkan peran penting dalam pengembangan karakter siswa yang tinggal di wilayah pesisir.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2025

Cara Mengutip

Nuraini, & Fitriani. (2025). Pendidikan Karakter Multikultural Dalam Pembentukan Akhlak Siswa. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 4(1), 110–121. https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.262