Implementasi Pemahaman Keutamaan Menuntut Ilmu Sebagai Penggerak Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Hadits Rasulullah SAW

Penulis

  • Saela darissalami UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Faradina Nur Faizah UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Muhammad Alvin Hardyansyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Eli Siti Nurjanah UIN Sayyid Ali Rahmatullah

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.263

Kata Kunci:

Hadits, Keutamaan Ilmu, Motivasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pemahaman hadits keutamaan menuntut ilmu dan dapat mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran. Sekarang ini, banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah sehingga menimbulkan mereka enggan atau malas untuk belajar dan tidak mengetahui tujuan atau hakikat dari belajar. Peneliti berusaha menggali beberapa hadits Rasulullah terkait keutamaaan menuntut ilmu dan mengkolerasikan dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang dilakukan melalui metode riset pustaka. Teknik pengumpulan datanya diambil dari beberapa artikel, kajian kitab turats, dan jurnal. Menggunakan analisis isi dengan menganalisis isinya dan menggali tema-tema yang berkaitan tentang keutamaaan ilmu dan motivasi. Hasilnya bahwa dalam hadits keutamaan menuntut ilmu menunjukkan bahwa dalam memahaminya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena terdapat gambaran kemuliaan yang akan diperoleh ketika memiliki semangat menuntut ilmu yang tinggi. Dengan penelitian ini, diharapkan siswa dapat mengimplementasikan hadits tersebut dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatkan motivasi untuk belajar setelah memahami keutamaan apa yang akan didapatkannya dalam beberapa hadits dengan cara menumbuhkan pemikiran kritis, berani bertanya dan  memiliki cita-cita yang tinggi

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2025

Cara Mengutip

darissalami, S., Nur Faizah, F., Alvin Hardyansyah, M., & Siti Nurjanah, E. (2025). Implementasi Pemahaman Keutamaan Menuntut Ilmu Sebagai Penggerak Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Hadits Rasulullah SAW . Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 4(1), 75–88. https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.263