Pembelajaran Praktis Shalat Jenazah Sebagai Sarana Memperdalam Pemahaman Agama
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.279Kata Kunci:
Shalat Jenazah, Fardhu Kifayah, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Pembelajaran shalat jenazah secara praktis terbukti menjadi metode yang efektif dalam memperdalam pemahaman siswa mengenai salah satu kewajiban fardhu kifayah dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pembelajaran praktik doa jenazah dapat meningkatkan pemahaman siswa di MTsS Terpadu Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran menggabungkan ceramah, diskusi, dan praktik langsung, di mana siswa dilibatkan secara aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa metode, seperti demonstrasi, simulasi, dan latihan praktik, mampu secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini tercermin dari kemampuan mereka dalam melaksanakan tata cara shalat jenazah dengan benar dan teratur. Selain itu, pembelajaran ini juga meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya persiapan pemakaman sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan agama. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran praktik langsung pada materi keagamaan lainnya untuk memperkuat pemahaman siswa secara keseluruhan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ilham Setiawan, Amiruddin Yahya Azzawiy, Yenny

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.