Kesalahan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal Non-Rutin pada Topik Pencerminan
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i2.312Kata Kunci:
Kesalahan konseptual, Kesalahan Prosedural, Geometri, Calon Guru, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Kesalahan konseptual dan prosedural masih sering ditemukan di kalangan mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah matematika. Namun, soal yang digunakan untuk menganalisis pemahaman konsep dan prosedur umumnya masih bersifat rutin, sehingga belum mampu menggambarkan secara mendalam penguasaan mahasiswa terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konseptual dan prosedural mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal non-rutin pada topik pencerminan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 16 mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Instrumen yang digunakan berupa satu soal non-rutin yang diberikan setelah mahasiswa mempelajari topik pencerminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11 mahasiswa mampu menyelesaikan soal dengan benar, sementara 5 mahasiswa lainnya melakukan kesalahan. Kesalahan konseptual yang ditemukan mencakup ketidakpahaman terhadap konsep pencerminan dan persamaan garis, serta penggunaan notasi yang tidak tepat. Adapun kesalahan prosedural meliputi kesalahan komputasi dan kecerobohan dalam menyusun persamaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa masih dibutuhkan penguatan pemahaman konsep dan prosedur sebelum mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ali Umar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










