Analisis Strategi Dan Media Pembelajaran Sebagai Sebuah Sistem
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i2.316Kata Kunci:
Strategi pembelajaran; , Media pembelajaran; , Sistem pembelajaran; , Perencanaan pembelajaran; , Efektivitas belajar.Abstrak
Strategi dan media pembelajaran merupakan dua komponen penting yang saling berhubungan dalam sistem pembelajaran. Permasalahan yang sering muncul adalah ketidaksesuaian antara strategi dan media dengan karakteristik peserta didik serta tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategi dan media pembelajaran dalam mendukung pembelajaran sebagai sebuah sistem yang utuh. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan dan dianalisis untuk menggambarkan keterkaitan antara strategi, media, dan komponen pembelajaran lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat dan saling mendukung dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, mendorong partisipasi aktif siswa, serta memperkuat pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian, guru perlu mempertimbangkan strategi dan media secara terintegrasi dalam setiap perencanaan pembelajaran
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 sunarti 1234@Narti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










