Implikasi Aksiologi Matematika dalam Pendidikan

Penulis

  • Edy Saputra IAIN Takengon
  • Rahmy Zulmaulida UIN Sutanah Nahrasiyah
  • Sarah UIN Sutanah Nahrasiyah

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v4i2.320

Kata Kunci:

Aksiologi, Matematika, Pendekatan

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki konsep Aksiologi Matematika dan kaitannya dengan pendidikan matematika. Aksiologi Matematika adalah cabang filsafat matematika yang membahas nilai-nilai, etika, dan prinsip-prinsip yang mendasari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat tentang pentingnya pemahaman aksiologi matematika dalam konteks pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis kualitatif terhadap sumber-sumber yang relevan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman aksiologi matematika memiliki implikasi yang signifikan dalam pendidikan matematika. Hal ini membantu dalam mempromosikan nilai-nilai matematika, seperti keindahan dan relevansi, dan mengembangkan etika matematika dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi perkembangan terkini dalam aksiologi matematika, termasuk eksplorasi nilai-nilai matematika dalam kehidupan sehari-hari, etika dalam pengembangan algoritma, dan kaitan antara aksiologi matematika dengan perkembangan karakter siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aksiologi matematika adalah aspek penting dalam pendidikan matematika yang dapat membantu menciptakan generasi yang berpikir kritis, beretika, dan memahami nilai-nilai matematika dalam berbagai konteks. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pendidik matematika, peneliti, dan pembuat kebijakan dalam pengembangan pendekatan pendidikan yang lebih holistik dan relevan dalam pengajaran matematika.

Referensi

Bahrum. (2013). Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi. Sulesana Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 35–45.

Dwiyanto, D. (2002). Metode Kualitatif: Penerapannya dalam Penelitian. Diakses Dari: Https://Www. Academia. Edu/Download/45555425/Metode_kualitatif_penerapannya_dalam_penelitian. Pdf (Diakses Pada 28 September 2019).

Hansen, S., Hansun, S., Setiawan, A. F., & Rostiyanti, S. (2023). Etika Penelitian: Teori dan Praktik.

Karim, A. (2014). Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan. Fikrah, 2(2).

Mahfud, M. (2018). Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Matematika. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 4(1).

Marliani, M. (2021). MATEMATIKA DALAM AKSIOLOGI: Mathematics In Axiology. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 26–31.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 10(01), 15–28.

Semenov, A. (2024). Axiology of Primary Mathematical Education VALUE SYSTEM. February, 7–12.

Susanto, H. A. (2012). Nilai matematika dan pendidikan matematika dalam pembentukan kepribadian. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(1), 116–124.

Syukri, A., & Rizki, A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. 4(2), 186–194.

YASA, I. M. A. D. I., Sadra, I. W., & Suweken, G. (2013). Pengaruh pendidikan matematika realistik dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2).

http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/134/139

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2025

Cara Mengutip

Saputra, E., Zulmaulida, R., & Sarah. (2025). Implikasi Aksiologi Matematika dalam Pendidikan. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 4(2), 209–222. https://doi.org/10.56921/jumper.v4i2.320