Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Penulis

  • Septia Wahyuni Institut Agama Islam Negeri Takengon
  • Elfi Rahmadhani
  • Abdul Azis

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v1i1.37

Kata Kunci:

Scaffolding, Kemampuan Pemahaman Matematis, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Kemampuan pemahaman matematis merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Dengan kemampuan pemahaman yang baik tentu siswa akan mampu menyelesaikan permasalahan baik yang sederhana hingga yang kompleks. Model pembelajaran Scaffolding merupakan model pembelajaran yang memberikan bantuan secukupnya kepada siswa sesuai kesulitan yang mereka hadapi. Metode yang digunakan dalam peneletian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Takengon. Analisis data menggunakan uji t dua sampel saling bebas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran scaffolding memperngaruhi kemampuan pemahaman matematis siswa.

Unduhan

Diterbitkan

24-10-2022

Cara Mengutip

Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Azis, A. (2022). Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 1(1), 47–59. https://doi.org/10.56921/jumper.v1i1.37