Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mengembangkan Self Efficacy Matematika

Penulis

  • Andi Auliya Ismunandar Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Suriyati Suriyati Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Nurjannah Nurjannah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.52

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Self Eficacy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keefektifan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan level self-efficacy matematikawan kelas VIII B SMPN 20 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design (One-Group Pretest-Posttest Design). Sebanyak 32 siswa kelas VIII B SMP Negeri 20 Sinjai diikutsertakan dalam simple random sampling untuk semester musim semi tahun ajaran 2021/2022. Metodologi pengumpulan data menggunakan ukuran efikasi diri dan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan statistik inferensial dan deskriptif. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, menurut analisis deskriptif, skor rata-rata untuk self-efficacy matematis adalah 61,68 dan dia berada di kategori teratas. Namun nilai rata-rata tes hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 89,84 dan berada pada kategori atas. Sebagai langkah terakhir, berdasarkan analisis inferensi statistik dengan tingkat signifikansi sig. (2-tailed), yaitu 0,000 0,05, H0 adalah tolak, dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan self-efficacy matematis siswa kelas VIII B SMP Negeri 20 Sinjai.

File Tambahan

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Ismunandar, A. A., Suriyati, S., & Nurjannah, N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Mengembangkan Self Efficacy Matematika. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.52