Kendala Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Penulis

  • Syafridha Yanti Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Arda Tonara Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Yanti Arnalis Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.61

Kata Kunci:

Ekonomi, Pembelajaran Daring, Covid-19

Abstrak

Kebijakan social distancing maupun physical distancing guna meminimalisir penyebaran Covid-19 mendorong semua elemen Pendidikan untuk mengaktifkan kelas meskipun sekolah tutup. Penelitian dengan judul tersebut memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pembelajaran daring pada SMAN 2 Takengon pada tahun 2020 dan bagaimanakah kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring pada SMAN 2 Takengon pada Tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penyelenggaraan pembelajaran daring pada SMAN2 Takengon tahun 2020, dan mengetahui kesulitan yang dialami para siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran daring pada SMAN 2 Takengon menggunakan media yang memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa kelas XI SMAN 2 Takengon. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya kesulitan belajar Ekonomi di kelas XI SMAN 2 Takengon yang terdiri dari beberapa faktor yaitu kendala teknis sinyal berupa jaringan yang kurang stabil dan ketidak mampuan siswa dalam pembelajar daring, siswa kurang fokus ketika guru menjelaskan, siswa kurang siap dari segi pembelajar materi.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Yanti, S., Tonara, A., & Arnalis, Y. (2023). Kendala Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.61