Pengembangan Model Inkuiri (Inquiry Based Learning) Berbasis Picture And Picture Dalam Pembelajaran Teks Cerpen

Penulis

  • Purwati Zisca Diana Universitas Ahmad Dahlan
  • Arya Hananditya Universitas Ahmad Dahlan
  • Putri Ayu Wulandari Universitas Negeri Yogyakarta
  • Annisa Rizky Fadilla Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v2i2.83

Kata Kunci:

Model inkuiri;, Metode picture and picture;, Pembelajaran teks cerpen; , Modul Pedoman Pelaksanaan

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai Pengembangan Model Inkuiri berbasis Picture and Picture dalam pembelajaran teks cerpen di kelas XI SMA. Penelitian ini adalah penelitian R&D menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek percobaan dalam pengamatan ini dilaksanakan oleh ahli materi, pembelajaran, serta pengajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk validasi produk bahan ajar, observasi di sekolah yang berkaitan, serta wawancara pada guru terkait dengan permasalahan yang ada dan analisis kebutuhan. Teknik analisis data memakai metode skoring dalam menilai hasil validasi mengenai produk bahan ajar. Hasil penelitian mengenai produk ini mendapatkan kategori “Sangat Layak (SL)”, hal ini dibuktikan dengan penjabaran nilai yang didapat dari para ahli, diantaranya ahli materi mendapatkan skor sebesar 79 dengan nilai kelayakan 98. Kemudian dari ahli pembelajaran mendapatkan skor sebesar 76 dengan nilai kelayakan 89. Selanjutnya nilai yang diperoleh dari ahli pengajaran mendapatkan skor 68 dengan nilai kelayakan 97. Hal ini menandakan bahwa produk ini dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya teks cerpen serta dapat langsung di uji coba.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2023

Cara Mengutip

Diana, P. Z., Hananditya, A., Wulandari, P. A., & Fadilla, A. R. (2023). Pengembangan Model Inkuiri (Inquiry Based Learning) Berbasis Picture And Picture Dalam Pembelajaran Teks Cerpen. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(2), 13–25. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i2.83