https://jurnal.catimoredansahabat.my.id/index.php/jumper/issue/feedJumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research2025-08-22T12:21:39+07:00Rizka Utamirizkautami70@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal ini menerbitkan artikel orisinal tentang isu dan tren terbaru yang terjadi secara internasional dalam kurikulum pendidikan, pengajaran, pembelajaran, kebijakan dan persiapan guru dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan kita tentang teori dan praktik pendidikan. Selain itu, jurnal ini juga mencakup isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan pendidikan. JUMPER menerbitkan edisi dua kali setahun pada bulan <strong>Januari</strong> dan <strong>Juli</strong>. Semua makalah harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.</p>https://jurnal.catimoredansahabat.my.id/index.php/jumper/article/view/290Upaya Mahasiswa Meningkatkan Self-Efficacy dalam Mengatasi Kecemasan Menyelesaikan Tugas Akhir2025-02-19T12:43:52+07:00Nurul Hikmahnurulhikmah@iainlhokseumawe.ac.idAllya Alzhura Mufqinurulhikmah@iainlhokseumawe.ac.id<p><em>Mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir cenderung memiliki kecemasan, karena tugas akhir dianggap sebagai penentu kelulusan dengan waktu tertentu. Kekhawatiran tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, keterbatasan referensi, dan takut terhadap kritikan dosen dapat meningkatan kecemasan di kalangan mahasiswa. Tingkat kecemasan yang dirasakan pun berbeda-beda. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki mahasiswa tingkat akhir dalam mengatasi muncul kecemasan adalah merawat keyakinan diri akan kemampuan yang dimiliki untuk berhasil melakukan suatu hal secara maksimal, keyakinan diri ini disebut self-efficacy. Semakin tinggi tingkat efikasi diri mahasiswa, maka tingkat kecemasaan akan semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran kecemasan yang dialami mahasiswa serta upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan efikasi diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan enam responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir yaitu mengalami gangguan tidur, gangguan makan, merasa mual, pusing, jantung berdebar cepat, emosi tidak stabil, munculnya pikiran negatif, overthinking, malas beraktivitas dan munculnya prokrastinasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan self-efficacy mahasiswa dalam mengatasi kecemasan menyelesaikan tugas akhir dapat dilakukan melalui: mengenang kembali pengalaman sukses yang telah dilalui, mengelola emosi dengan baik, mempertahankan motivasi, melihat keberhasilan teman sebaya, serta meningkatkan ibadah kepada Allah SWT untuk memperoleh ketenangan batin. </em></p>2025-07-31T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Nurul Hikmah, Allya Alzhura Mufqihttps://jurnal.catimoredansahabat.my.id/index.php/jumper/article/view/312Kesalahan Konseptual dan Prosedural Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal Non-Rutin pada Topik Pencerminan2025-06-03T21:07:54+07:00Ali Umarpanghulurajo86@gmail.com<p><em>Kesalahan konseptual dan prosedural masih sering ditemukan di kalangan mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan masalah matematika. Namun, soal yang digunakan untuk menganalisis pemahaman konsep dan prosedur umumnya masih bersifat rutin, sehingga belum mampu menggambarkan secara mendalam penguasaan mahasiswa terhadap materi yang dipelajari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konseptual dan prosedural mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal non-rutin pada topik pencerminan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 16 mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Instrumen yang digunakan berupa satu soal non-rutin yang diberikan setelah mahasiswa mempelajari topik pencerminan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 11 mahasiswa mampu menyelesaikan soal dengan benar, sementara 5 mahasiswa lainnya melakukan kesalahan. Kesalahan konseptual yang ditemukan mencakup ketidakpahaman terhadap konsep pencerminan dan persamaan garis, serta penggunaan notasi yang tidak tepat. Adapun kesalahan prosedural meliputi kesalahan komputasi dan kecerobohan dalam menyusun persamaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa masih dibutuhkan penguatan pemahaman konsep dan prosedur sebelum mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.</em></p>2025-07-31T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Ali Umarhttps://jurnal.catimoredansahabat.my.id/index.php/jumper/article/view/299Research Map of English Study Program Lecturers STAIN Mandailing Natal: Systematic Literature Review2025-04-24T14:39:22+07:00Muhammad Hasyimsyah Batubaramuhammad.hasyimsyahbatubara@gmail.comCut Dara Ilfa Rahiladara.rahila@gmail.comFitri Ayufitriayu@unimed.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk memetakan arah, tren, dan kontribusi ilmiah publikasi dosen Program Studi Tadris Bahasa Inggris STAIN Mandailing Natal dalam rentang waktu 2020-2025 dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sebanyak 94 artikel yang ditulis oleh dosen aktif yang memenuhi kriteria inklusi dikaji secara tematik dan metodologis. Hasil analisis menunjukkan bahwa topik yang paling dominan adalah pengajaran bahasa Inggris (EFL/ELT), penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar kontekstual berbasis nilai-nilai lokal dan Islam. Penelitian ini juga menyoroti kontribusi dalam sosiolinguistik, pragmatik, psikolinguistik, dan pengabdian kepada masyarakat. Metode penelitian yang paling banyak digunakan adalah eksperimen dan studi kualitatif deskriptif. Selain itu, terdapat tren positif dalam penggunaan SLR dan bibliometrik, yang mencerminkan meningkatnya literasi metodologis dosen. Temuan ini mencerminkan dinamika penelitian yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, berorientasi pada inovasi pedagogi, dan berakar pada nilai-nilai lokal. Penelitian ini memberikan kontribusi strategis bagi pengembangan peta jalan penelitian dan peningkatan kualitas akademik di pendidikan tinggi Islam.</em></p>2025-07-31T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Batubarahttps://jurnal.catimoredansahabat.my.id/index.php/jumper/article/view/318Transformation of Learning in Madrasah: Best Practices in the Implementation of Kurikulum Merdeka at MTsN 2 Bener Meriah2025-07-14T12:35:35+07:00Mukhlis Ismailulis.math@gmail.comPutri Yantinoorsalsabila18@gmail.comEga Gradiniega.gradini@gmail.comMuhammad Yunusyunusjilan@gmail.comFadliadi Ubitfadliadi73.fa@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan menganalisis best practice dalam implementasi Kurikulum Merdeka di MTsN 2 Bener Meriah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian melibatkan kepala madrasah, 25 guru, dan 88 peserta didik melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan pendekatan analisis tematik dengan triangulasi dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MTsN 2 Bener Meriah didukung oleh pelatihan berbasis komunitas yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Aceh, yang berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru. Serangkaian workshop tentang tujuan pembelajaran, ATP, asesmen, dan modul ajar menghasilkan pergeseran paradigma dari teacher-centered menjadi student-centered. Implementasi di kelas yang disertai refleksi kolaboratif bersama supervisor akademik meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan peserta didik hingga 70%. Proyek P5RA seperti Seminar Anti Bullying, Pembuatan Gerabah, dan Suara Demokrasi berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan keislaman dalam pembelajaran bermakna. Faktor pendukung utama meliputi kepemimpinan transformatif kepala madrasah dan kolaborasi antar guru, sementara hambatan utama berupa keterbatasan infrastruktur dan kesenjangan pemahaman diatasi melalui optimalisasi sumber daya dan pendampingan sebaya. Penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan berbasis komunitas dan refleksi kolaboratif menjadi kunci keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah, dengan implikasi penting bagi pengembangan strategi serupa di institusi pendidikan Islam lainnya.</em></p>2025-07-31T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Mukhlis Ismail, Putri Yanti, Ega Gradini, Muhammad Yunus, Fadliadi Ubithttps://jurnal.catimoredansahabat.my.id/index.php/jumper/article/view/316Analisis Strategi Dan Media Pembelajaran Sebagai Sebuah Sistem2025-07-03T15:38:02+07:00Sunartisunarti92189@gmail.comM. Fadlim.fadli@iainlangsa.ac.idIntan Syahputri intansyahputri170200@gmail.com<p><em>Strategi dan media pembelajaran merupakan dua komponen penting yang saling berhubungan dalam sistem pembelajaran. Permasalahan yang sering muncul adalah ketidaksesuaian antara strategi dan media dengan karakteristik peserta didik serta tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategi dan media pembelajaran dalam mendukung pembelajaran sebagai sebuah sistem yang utuh. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan dan dianalisis untuk menggambarkan keterkaitan antara strategi, media, dan komponen pembelajaran lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat dan saling mendukung dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, mendorong partisipasi aktif siswa, serta memperkuat pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan demikian, guru perlu mempertimbangkan strategi dan media secara terintegrasi dalam setiap perencanaan pembelajaran</em></p>2025-07-31T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 sunarti 1234@Nartihttps://jurnal.catimoredansahabat.my.id/index.php/jumper/article/view/320Implikasi Aksiologi Matematika dalam Pendidikan2025-08-22T12:21:39+07:00Edy Saputraedysaputra.esa@gmail.comRahmy Zulmaulidarahmyzulmaulida@gmail.comSarahrahmyzulmaulida@gmail.com<p><em>Penelitian ini menyelidiki konsep Aksiologi Matematika dan kaitannya dengan pendidikan matematika. Aksiologi Matematika adalah cabang filsafat matematika yang membahas nilai-nilai, etika, dan prinsip-prinsip yang mendasari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat tentang pentingnya pemahaman aksiologi matematika dalam konteks pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis kualitatif terhadap sumber-sumber yang relevan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman aksiologi matematika memiliki implikasi yang signifikan dalam pendidikan matematika. Hal ini membantu dalam mempromosikan nilai-nilai matematika, seperti keindahan dan relevansi, dan mengembangkan etika matematika dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Selain itu, penelitian ini mengidentifikasi perkembangan terkini dalam aksiologi matematika, termasuk eksplorasi nilai-nilai matematika dalam kehidupan sehari-hari, etika dalam pengembangan algoritma, dan kaitan antara aksiologi matematika dengan perkembangan karakter siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aksiologi matematika adalah aspek penting dalam pendidikan matematika yang dapat membantu menciptakan generasi yang berpikir kritis, beretika, dan memahami nilai-nilai matematika dalam berbagai konteks. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pendidik matematika, peneliti, dan pembuat kebijakan dalam pengembangan pendekatan pendidikan yang lebih holistik dan relevan dalam pengajaran matematika.</em></p>2025-07-31T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Edy Saputra, Rahmy Zulmaulida, Sarah