Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Papan Perkalian dari Barang Bekas
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i3.12Kata Kunci:
Pelatihan, Papan Perkalian, Barang BekasAbstrak
Siswa SD An-Nahl mengalami kesulitan untuk memahami konsep perkalian. Untuk mengajarkan konsep perkalian dibutuhkan alat peraga sedangkan di SD An-Nahl belum tersedia secara lengkap alat peraga pembelajaran. Guru SD An-Nahl juga belum dapat membuat mandiri alat peraga yang mudah, murah, dan sesuai dengan konsep matematika. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengadakan pelatihan pembuatan alat peraga papan perkalian dari barang bekas. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktik, dan evaluasi. Berdasarkan hasil pelatihan yang diadakan mendapat respons positif dari peserta hal ini terlihat dari jawaban angket yang diberikan dengan kategori sangat baik dan baik. Selain itu, peserta juga mengharapkan diadakan kembali pelatihan dengan tema yang berbeda untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi peserta.
Referensi
Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51–54. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Arfani, A. L., & Yuliawati, F. (2021). Analisis Pemahaman Siswa Kelas Rendah Terhadap Konsep Perkalian pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 211–225. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3027
Ashri, D. N., & Pujiastuti, H. (2021). Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 1–7.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247.
Azmi, S., Sripatmi, Subariah, S., Amrullah, & Turmuzi, M. (2019). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru-Guru SD Gugus II Ampenan Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 427–432.
Djong, K. D., Jagom, Y. O., Leton, S. I., Rowa, Y. R., Uskono, I. V., Nuba Dosinaeng, W. B., & Lakapu, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru SD GMIT Koro’oto, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 427–438. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5334
Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 48(1), 175–190.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073
Iswara, R. Dewi. & Nur, C. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Preprospec Menggunakan Edmodo. Seminar Nasional Pascasarjana, 2, 754–758. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma / ISSN
Kho, R., & Tyas, D. K. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Guru-guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 97–100. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1072
Meiyanto, T. S., & Suwarsih. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Perkalian Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Peterongan KOta Semarang. Media Penelitian Pendidikan, 12(1), 92–101.
Nurmasita M. Saahi, Dasa Ismaimuza, M. I. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Perkalian Bilangan Bulat di Kelas IV SDN 1 Nambo Dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(12), 38–50. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/index
Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Untuk Sekolah Dasar Memanfaatkan Bahan Bekas di SD Negeri 01 Padang Air Dingin. Indonesia Journal of Community Service and School Education, 1(1), 102–108.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 1–10.
Setiyani, Ferdianto, F., Tarmidzi, Santi, D. P. D., Jaufillaili, & Erawati, T. (2021). Pelatihan Alat Peraga Manipulatif Bernuansa Budaya Lokal di SD Negeri II Kedungjaya Kabupaten Cirebon. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 3(2), 107–114.
Sukriadi. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Proceeding (Seminar Nasional Ilmu Pendidikan FKIP UNMUL 1), 78–86.
Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik-Manik Dan sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Dinoyo 1 Malang. Jurnal Kependidikan Dan Keislaman FAI Unisma, 10(2).
Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13089
Zuliana, E., Ulya, H., & Rahayu, R. (2019). Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Bagi Guru di SD 2 Mlati Lor Kudus. JPPNu(Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 1(2), 54–59.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Bettri Yustinaningrum, Nurul Qomariyah Ahmad, Nur Ainun Lubis, Rosliana Harahap, Ali Umar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.