Sosialisasi Pencegahan Bahaya Bullying pada Siswa SMPN I Kuta Makmur
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.140Kata Kunci:
Pencegahan, Bullying, Siswa SMPAbstrak
Perilaku bullying menjadi isu yang sering diperbincangkan saat ini. Perilaku ini justru sering ditemukan dalam lingkungan yang tidak seharusnya, seperti dalam lingkungan sekolah dan keluarga. Perilaku bullying merupakan tindakan agresif ataupun kasar yang dapat menimbulkan konflik bagi pelaku dan korbannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan tindakan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan pencegahan bullying kepada siswa kelas VIII SMPN 1 Kuta Makmur, agar tidak melakukan tindakan bullying di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pemberian materi dalam bentuk ceramah serta tanya jawab. Adapun hasil kegiatan sosialisasi menunjukkan bahwa siswa sangat termotivasi dalam proses kegiatan serta dapat memahami materi dan informasi yang disampaikan oleh pemateri. Implikasi dari kegiatan ini agar siswa menyadari akan dampak negatif dari perilaku bullying serta bertanggung jawab dalam upaya mencegah perilaku tersebut dalam lingkungan sehari-hari.
Referensi
Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Atikah, S., ... & Arifin, Z. (2020). Bentuk dan dampak perilaku bullying terhadap peserta didik. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19-32.
Dewi, C. F., Sema, N., & Salam, S. (2020). Upaya edukasi pencegahan bullying pada siswa sekolah menengah atas di kabupaten Manggarai Ntt. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120-129.
Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta. Journal Community Service of Health Science, 1(1), 15-20.
Kusumaningsih, A. (2019). Peran Penalaran Moral Dan Emosi Moral Terhadap. September, 20–21.
Safitri, Widya Ayu. (2022). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Jawa Barat: Guepedia.
Sejiwa. 2008. Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: PT Grasindo.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Russy Ranggayoni, Yusra, Nisrina, Rahmiaty

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.