Sharing Session sebagai Upaya Mengembangkan Pemahaman Diri melalui Layanan Konseling Kelompok

Penulis

  • Husrin Konadi IAIN Takengon
  • Syarifah Ainy Rambe IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.142

Kata Kunci:

Layanan Konseling, Pemahaman Diri, Sharing Session

Abstrak

Pemahaman diri merupakan representasi kognitif remaja mengenai konsep diri. Pemahaman diri sangat penting, karena menyangkut bagaimana seseorang atau siswa memandang dirinya positif atau negatif, baik ataupun tidak baik Sharing session merupakan kegiatan yang berfungsi sebagai wadah pemberian informasi dan edukasi. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mengoptimalkan aktivitasnya di sekolah maupun diluar sekolah. Metode yang digunakan yaitu menggunakan teknik service-learning, yakni kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi siswa, Subjek dalam kegiatan ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 7 siswa yang terdiri dari 6 siswa dan 1 siswi. Hasil dari sharing session ini didapat menunjukkan bahwa pemahaman /pengetahuan siswa terkait pentingnya memahami diri senidiri serta juga terlihat dari meningkatnya antusias siswa untuk mengikuti beberapa kegiatan yang dilakukan disekolah.

Referensi

Hartono, M. R., & Subawi, H. (2016). Pengenalan teknik komposit. Deepublish.

Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Intelektualita, 7(01).

Prayitno, P., Afdal, A., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil: Dasar dan Profil.

Ridwan, A. P. (2022). Pengaruh Keberfungsian Keluarga Terhadap Penerimaan Diri Pada Dewasa Awal Di Kota Makassar. Universitas Bosowa.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9–17.

Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan pemahaman diri dengan sikap percaya diri Pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4(2), 188–191.

Tjitropranoto, P. (2005). Pemahaman diri, potensi/kesiapan diri, dan pengenalan inovasi. Jurnal Penyuluhan, 1(1).

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Konadi, H., & Rambe, S. A. (2023). Sharing Session sebagai Upaya Mengembangkan Pemahaman Diri melalui Layanan Konseling Kelompok. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 68–72. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.142