Aplikasi Kahoot sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Penulis

  • Rohantizani Universitas Malikussaleh
  • Nuraina Universitas Malikussaleh
  • Mutia Fonna Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.151

Kata Kunci:

Aplikasi Kahoot, evaluasi, sekolah menengah pertama

Abstrak

Pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Kahoot sebagai bahan evaluasi pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang berbasis tekonologi. Kahoot merupakan suatu pembelajaran yang berbasis game, yang sering di gunakan sebagai media pembelajaran yang berbasis teknologi pendidikan.  Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana solusi pemecahan masalah terhadap situasi yang dihadapi oleh siswa. Metode pengabdian yang digunakan adalah pemberian kuis langsung dengan aplikasi Kahoot pada siswa sekolah SMP IT Ummul Qura Panton Labu, Aceh Utara. Pembelajaran berbasis game ini membuat siswa lebih tertarik  dan  dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa, serta membangun kreativitas dan penalaran dan membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Referensi

Ardiansyah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145–155. htpps://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136

Assegaf, S. R. Z., Susanti, W., Esi, N., & Yani, A. (2022). Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Adiba: Journal of Education, 2.4, 507–516. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/download/196/200

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yokyakarta: Gava Media.

Irwan, dkk (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 8, No 1. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Janattaka, N., & Tiyana, F. A. D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas 2 di SDI Aisyiyah. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.78

Kocakoyun, dkk. (2017). Determinationof Universitas Studens’ Most Prefeed Mobile Aplication for Gamificstion. World. Educ. Tecknol. Curr., 9. https://doi.org/10.18844/wjet.v9i1.641

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., kurniawati, K. R. A. Mandailina, V., & S. F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit APP Investor. Seleparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42–45. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887

Permatasari, K. G. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Kahoot pada Perkuliahan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogy, 16(1), 146–158. https;//jurnal.stauimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/160/142

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review: Penggunaan Kahoot pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127

Sartika, Octafianti, Mira. (2019). Pemanfaatan Kahoot untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal on Education. http://doi.org/10.31004/joe.v1i3.177

Sutirna. (2018). Game Education: Aplikasi Program Kahoot dalam Tahap Aplikasi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Semanasriatek.Sakaintek.Org. https://www.researchgate.net/publication/331634051_GAME_EDUCATION_APLIKASI_PROGRAM_KAHOOT

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Rohantizani, Nuraina, & Fonna, M. (2023). Aplikasi Kahoot sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 118–123. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.151