Pengembangan Bahan Ajar untuk Konten Learning Management System MOODLE bagi MGMP Matematika SMP Kabupaten Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.155Kata Kunci:
Pengembangan, Bahan Ajar, Learning Management System MOODLEAbstrak
Moodle salah satu LMS yang paling populer dan sering digunakan di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman guru matematika SMP di wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya tentang pengembangan bahan ajar untuk Konten Learning Management System MOODLE, sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan secara klasikal dan individual. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan bahwa pelatihan meningkatkan pemahaman penggunaan LMS Moodle dalam pendidikan matematika, memungkinkan peserta mengembangkan bahan ajar interaktif. Kolaborasi antar guru matematika di MGMP didorong untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan. Teknologi dan desain instruksional yang tepat meningkatkan pembelajaran matematika di SMP dengan akses materi yang beragam dan cara belajar yang menarik.
Referensi
Chrisdiyanto, E. (n.d.). Inovasi Media Pembelajaran Matematika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Era Pandemic Covid-19.
Copriady, J., Iswandari, S. N., Noer, A. M., & Albeta, S. W. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Moodle Pada Materi Hidrokarbon. Edusains, 12(1), 81–88. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11503
Indrawatiningsih, N. (2021). Efektivitas Learning Management System (LMS) berbasis moodle sebagai sarana diskusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 1–8. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2mThisisanopenaccessarticleundertheCC-BYlicense.https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.1898
Munandar, A. H., Amrullah, A., Junaidi, J., & Arjudin, A. (2022). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Lingsar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 841–852. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/227
Prabawati, M. N., Mulyani, E., Mansyur, M. Z., & Yulianto, E. (2023). Pelatihan Learning Management System Moodle Bagi Mgmp Matematika Smp Kabupaten Tasikmalaya. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 63–71. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i1.42
Putra, A. A., & Nuryadi, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lms Moodle Ditinjau Dari Cognitive Loads Theory. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 54–60. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.498
Roikha, A., Khikmiyah, F., & Zawawi, I. (2023). Pengembangan Learning Management System Berbasis Moodle Model Pembelajaran pada MAteri Aritmetika Sosial. 15, 116–126.
Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan (Panduan Penyelenggaraan Pelatihan). Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi).
Sari, I. N., & Exacta, A. P. (2021). Implementasi Moodle Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 232. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.51433
Watson, W., & Watson, S. L. (2007). An Argument for Clarity: What are Learning Management Systems, What are They Not, and What Should They Become. http://cardinalscholar.bsu.edu/handle/20.500.14291/194513
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eva Mulyani, Mega Nur Prabawati, Eko Yulianto, M. Zulfikar Mansyur
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.