Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif di TK IT Swasta Cendekia Takengon
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i3.17Kata Kunci:
Pendampingan, Alat Permainan Edukatif, Taman Kanak-KanakAbstrak
Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan pada jam 09.00 – 11.00 wib, hari Jum’at, 19 November 2021 di TK IT Swasta Cendekia Takengon. Mengingat pentingnya alat permainan edukatif di TK IT Swasta Cendekia Takengon dan secara langsung belum pernah dilakukan pendampingan pembuatan alat permainan edukatif maka ini sangat penting untuk dilakukan pendampingan. Tujuan pendampingan ini melatih dan memaksimalkan guru dalam membuat dan menggunakan alat permainan edukatif dalam proses pembelajaran. Metode deskriptif dengan teknik pendampingan praktek, pelatihan dan diskusi konsultasi kepada peserta dalam hal pentingnya pembuatan alat permainan edukatif anak usia dini. Hasil pendampingan pelaksanaan pembuatan APE Papan Kartu Huruf keterlibatan guru dalam pembuatan APE. Ketepatan penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran didasarkan pada aspek perkembangan yang ingin dicapai. Aspek tersebut meliputi perkembangan kemampuan kognitif, kemampuan seni, kemampuan bahasa, kemampuan fisik-motorik, kemampuan berhitung permulaan dan kemampuan baca-tulis.
Referensi
Fadlillah. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan. Kencana, 56
Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati. (2013). Metode Permainan Permainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab. Diva Press, 29
Rohmahis. (2021). Desain dalam Pembuatan APE (Alat Permainan Edukatif)", diakses dari https://www.kompasiana.com
Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Taman Kanak-Kanak Paud Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Publikasi Pendidikan, 1, 61.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Indonesia).
Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Indonesia).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 suminah bakrie, Rini Aswita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












