Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Media Wayang Kertas
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.182Kata Kunci:
Public Speaking, Media, Wayang KertasAbstrak
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa melalui media wayang kertas. Pengabdian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari 6 pertemuan. 6 pertemuan tersebut mencakup 2 kali observasi dan 4 kali sesi mengajar public speaking melalui media wayang kertas. Tim pengabdi melakukan pengabdian di Desa Sidodadi Kota Langsa dengan jumlah siswa sebanyak 7 siswa. Berdasarkan hasil pengabdian, penggunaan media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan public speaking siswa di Sekolah Dasar. Pendekatan inovatif dan menarik ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum siswa, tetapi juga memberikan ruang bagi mereka untuk lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memperkaya pengalaman belajar mereka, serta merangsang kreativitas. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, seperti penggunaan wayang kertas, dalam meningkatkan keterampilan komunikasi di tingkat pendidikan dasar.
Referensi
Abdilah, S. F., & Umam, N. K. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Media Wayang berbasis Budaya Lokal pada Materi Bercerita di Kelas IV UPT SD Negeri 100 Gresik. Jtiee, 4(1), 1–9.
Anggriani, D., Waliya Hamima, N., Farah Laili Azka, K., Saputra Umara, N., Tim, C., & Tangerang Selatan, K. (2022). Mengembangkan Keterampilan Berbicara Dan Rasa Percaya Diri Melalui Public Speaking Bagi Anak Panti Asuhan Wisma Karya Bakti. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Erlina Nur’ain, & Dimas Aziz Prasetyo. (2019). Pentingnya Soft Skills Public Speaking Dalam Pengingkatan Kualitas Pendidikan Siswa Sekolah Menengah Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional “Menjadi Mahasiswa Yang Unggul Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0,” 49–52.
Fitria, R. A. (2022). Pelatihan Public speaking Untuk Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. Ikraith-Abdimas, 5(1), 74–78.
Girsang, L. R. M. (2018). ‘PUBLIC SPEAKING’ SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(2), 81–85. https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359
Indrawati, I., & Widayati, S. (2008). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Wayang Di Kelompok B.
Jumyati, J., & Jamaludin, U. (2022). Pengaruh Media Wayang Profesi untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek. Journal on Education, 5(1), 511–519. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.641
Prasetyo, A., Setyo Nugroho, G., Muchran, M., & Hazmin, G. (2023). Meningkatkan Keterampilan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Depan Umum. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 192–198. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.51633
Wiratama, N. S. (2021). Kemampuan Public Speaking Dalam Pembelajaran Sejarah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–14.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cherry Julida Panjaitan, Wahidah, Dara Soraya, Magfirah Adelia, Resti Restari Syahputri, Risna Ulhusna, Nurul Huda Siregar, Nur Masyitah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.