Pemberdayaan Kualitas Anak-Anak di Gampong Paloh Batee melalui Program Bimbingan Belajar

Penulis

  • Trie Nadilla IAIN Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i2.22

Abstrak

Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dilakukan untuk menjalankan amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah masyarakat diluar kampus dengan mengidentifikasikan dan menganalisis masalah-masalah secara langsung didalam masyarakat. Kuliah Pengabdian  Masyarakat (KPM) dilaksanakan dalam masyarakat yang bertujuan untuk mengingkatkan relevansi pendidikan tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan pembelajaran terutama dalam meningkatkan kualitas anak-anak melalui proses bimbingan belajar. Kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan pengajaran untuk anak- anak demi meningkatkan kualitas dalam mencapai target. Adapun metode penelitian yang digunakan sesuai dengan kebutuhan anak-anak dalam proses pengajaran yaitu metode demonstransi, role play, dan snowball throwing. Penulis memberikan pembelajaran dengan memberikan materi beserta penjelasan, bertukar pikiran, tanya jawab, dan bertukar peran. Observasi awal yaitu berdiskusi dengan anak- anak terkait dengan sistem dan proses pembelajaran yang didapatkan disekolah agar bisa disesuaikan atau lebih ditingkatkan kualitas peran anak-anak didik. Paparan materi yang disampaikan diharapkan memberikan pengetahuan baru untuk meningkatkan kualitas anak-anak melalui pembelajaran.

Referensi

Gede, R dkk. (2009). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: alfabeta, 2(1).

OemarHamalik. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Akasara.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.

Unduhan

Diterbitkan

31-08-2022

Cara Mengutip

Nadilla, T. (2022). Pemberdayaan Kualitas Anak-Anak di Gampong Paloh Batee melalui Program Bimbingan Belajar. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.56921/cpkm.v1i2.22