Preparing English Education Department Students for Overseas Scholarship Application
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.224Kata Kunci:
English, Student, Scholarship, ApplicationAbstrak
Peningkatan reputasi pendidikan perguruan tinggi yang lebih baik sangat penting untuk mendorong lebih banyak mahasiswa/alumni untuk belajar atau melanjutkan studi di luar negeri. Oleh karena itu, diperlukan sebuah program pengabdian masyarakat dikembangkan untuk membantu mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe yang mengalami kesulitan dalam mencari beasiswa. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengikuti tes TOEFL serta menulis dokumen pendukung seperti CV, esai, surat motivasi/rekomendasi, dan rencana studi. Program pelatihan yang komprehensif dikembangkan, termasuk strategi menjawab soal-soal TOEFL, teknik penulisan dokumen beasiswa, dan simulasi aplikasi beasiswa. Selain itu, narasumber dipilih dari kalangan profesional yang berpengalaman mendapatkan beasiswa, dan materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan peserta untuk memastikan keberhasilan pelatihan. Sebelum mengirimkan aplikasi mereka, sangat disarankan agar mereka mencantumkan sebanyak mungkin prestasi yang pernah diraih, selain menunjukkan kemahiran mereka dalam berbahasa Inggris.
Referensi
Berg, M. V., Paige, R. M., & Lou, K. H. (Eds.). (2023). Student learning abroad: What our students are learning, what they’re not, and what we can do about it. Taylor & Francis.
Brewer, E., & Cunningham, K. (Eds.). (2023). Integrating study abroad into the curriculum: Theory and practice across the disciplines. Taylor & Francis.
Chambers, R. (2002). Relaxed and Participatory Appraisal: Notes on practical approaches and methods for participants in PRA/PLA-related familiarisation workshops (Vol. 353). Brighton: Participation Group, Institute of Development Studies, University of Sussex.
De Wit, H., & Altbach, P. G. (2021). Internationalization in higher education: Global trends and recommendations for its future. Policy Reviews in Higher Education, 5(1), 28-46.
Galloway, N., Numajiri, T., & Rees, N. (2020). The ‘internationalisation’, or ‘Englishisation’, of higher education in East Asia. Higher Education, 80(3), 395-414.
Giltrow, J., Gooding, R., & Burgoyne, D. (2021). Academic writing: An introduction. Broadview Press.
Haas, B. W. (2018). The impact of study abroad on improved cultural awareness: A quantitative review. Intercultural Education, 29(5-6), 571-588.
Larsen, A. K., & Hole, G. O. (2013). Participatory learning of community work in an e-learning course. In Participation in Community Work (pp. 88-103). Routledge.
Larsen, A. K., Sewpaul, V., & Hole, G. O. (2013). Participatory learning and action (PLA) techniques for community work. In Participation in Community Work (pp. 75-89). Routledge.
Leung, D. Y., et al (2020). Advancing pedagogy of undergraduate nursing students' cultural awareness through internationalization webinars: A qualitative study. Nurse Education Today, 93, 104514.
Lokkesmoe, K. J., Kuchinke, K. P., & Ardichvili, A. (2016). Developing cross-cultural awareness through foreign immersion programs: Implications of university study abroad research for global competency development. European Journal of Training and Development, 40(3), 155-170.
Rose, H., Curle, S., Aizawa, I., & Thompson, G. (2020). What drives success in English medium taught courses? The interplay between language proficiency, academic skills, and motivation. Studies in Higher Education, 45(11), 2149-2161.
Rahman, F., Amanda, S. E., & Nada, C. (2023). Empowering Islamic Boarding School Students with an Introductory IELTS Program. Asian Journal of Community Services, 2(8), 645-652.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ella Yuzar, Ainol Mardhiah, Fadhlur Rahman
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.