Penguatan Peran Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Gadget di TK Dharmawanita 03 Pomahan

A Study on Dharmawanita 03 Pomahan Kindergarten

Penulis

  • Sabila Tria Umaroh IAIN Ponorogo
  • Atika Mulia Maghfiroh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Elfa Naharotul Hikmah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Hestu Wilujeng Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.230

Kata Kunci:

Seminar Parenting, Peran Orang Tua, Gadget

Abstrak

Gadget memberikan akses yang luas terhadap berbagai informasi dan hiburan, namun penggunaan yang tidak terkendali  dapat membawa dampak negatif pada perkembangan anak. Oleh karena itu, orang tua mempunyai peran penting dalam mendampingi anak usia dini saat penggunaan gadget. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melalui Seminar Parenting ini dilaksanakan di TK DHARMAWANITA 03 Pomahan. Seminar ini bertujuan agar para orang tua bijak dalam mengatur penggunaan gadget pada anak. Oleh karena itu, peserta KPM 29 Multidisiplin IAIN Ponorogo memberikan solusi alternatif berupa seminar parenting kepada para orang tua untuk mengurangi ketergantungan gadget yang berlebihan pada anak. Metode dalam pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset-Based Community-Driven Development (ABCD). Metode ABCD menekankan identifikasi dan pemanfaatan aset yang dimiliki komunitas untuk mengembangkan solusi berkelanjutan pada wali murid. Hasil dari seminar ini yaitu para orang tua kini memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang pengawasan penggunaan gadget terhadap anak dan bagaimana anak bisa dianggap sehat, tidak hanya dalam aspek fisik, tetapi juga mental dan sosial.

Referensi

Febriyanni, R., Wiguna, S., & Arafah, N. (2023). Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Gadget terhadap Anak di SDN 054936 Sei Lapan Kabupaten Langkat. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3).

Hasan, M., & dkk. (2023). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. PT Sada Kurnia Pustaka.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambulasi, 7(3).

Pranoto, Y. K. S., & dkk. (2022). Dinamika Emosi Anak Usia Dini: Kajian Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. PT. Nasya Expanding Management.

Priyoambodo, G. A. E., & Suminar, D. R. (2021). Hubungan Secreen Time dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: A Literature Review. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5).

Rahayu, N. K. S. (2023). Studi Literatur Dampak Gadget Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1).

Rezeki, U. S., & dkk. (2023). Sosialisasi Peran Keluarga dalam Mengatasi Mental Hectic pada Anak Usia Dini di Sekolah PAUD RIANDA. ABDI PARAHITA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. ALPRIN.

Yuniar, D. P. (2022). Kesehatan & Gizi Anak Usia Dini. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Yusuf, M. (2024). Peran Psikologi Islami dalam Menangani Kecanduan Gadget pada Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Manajemen Pendidikan, 5(1).

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Umaroh, S. T., Maghfiroh, A. M., Hikmah, E. N., & Wilujeng, H. (2024). Penguatan Peran Orang Tua dalam Pengawasan Penggunaan Gadget di TK Dharmawanita 03 Pomahan: A Study on Dharmawanita 03 Pomahan Kindergarten. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 20–30. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.230