Integrating Repetitive Reading with Service-Learning in Ameliorating Critical Reading at a Private Islamic Junior High School

Penulis

  • Zahratul Idami Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Nazaruddin Nazaruddin SMP Muhammadiyah Langsa
  • Shafrida Wati Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Dessy Kurniasy Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Fadly Febrian Institut Agama Islam Negeri Langsa

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.233

Kata Kunci:

repetitive reading, service-learning, membaca kritis

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks narasi Islam di lingkungan sekolah. Kegiatan ini terlaksana dalam bentuk pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Dalam kegiatan ini peserta yag dimaksud adalah siswa MTS Swasta An-Nur Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup metode repetitive reading dengan pendekatan komunikatif melalui kegiatan service-learning. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca kritis teks naratif berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil analisis nilai dengan SPSS. Keberhasilan program ini tidak hanya berdampak positif bagi peserta, tetapi juga memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan teori pembelajaran bahasa Inggris di lapangan, serta memperkuat peran dosen sebagai pengabdi masyarakat. Implementasi program ini mencerminkan komitmen institusi dalam mendukung pembangunan pendidikan yang berkelanjutan dan berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di masyarakat.

Referensi

Annisa, N., Syam, U., & Mannong, A. (2023). Investigating the students’ reading difficulties in understanding english text. English Language Teaching Methodology., 3(1), 123–130. https://doi.org/https://doi.org/10.56983/eltm.v3i1.228.

Baker, L. (2019). Community-Based Service-Learning in Language Education : A Review of the Literature. International Journal of Research on Service-Learning and Community Engagement, 7(1). ttps://ijrslce.scholasticahq.com/

Ma, C., Tse, I., & Chan, C. (2018). Service-Learning as Pedagogy for Transformation of Students’ Learning. The 6th Asia-Pacific Regional Conference on Service-Learning, 59. https://doi.org/https://doi.org/10.1051/SHSCONF/20185901006

Rodionova, I., & Titova, O. (2023). Teaching Tools for Critical Reading Development. Russian Journal of Education and Psychology, 14(5), 7–23. https://doi.org/https://doi.org/10.12731/2658-4034-2023-14-5-7-23

Salam, M., Awang Iskandar, D. N., Ibrahim, D. H. A., & Farooq, M. S. (2019). Service learning in higher education: A systematic literature review. Asia Pacific Education Review, 20, 573–593. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s12564-019-09580-6

Suzanne, N. (2016). Being Active Reader by Applying Critical ReadingTechnique. Ta’dib, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31958/jt.v14i1.197

Ulu, H., & Akyol, H. (2016). The effects of repetitive reading and PQRS strategy in the development of reading skill. Eurasian Journal of Educational Research, 16(63).

Zimmermann, L. M., Reed, D. K., & Aloe, A. M. (2021). A Meta-Analysis of Non-Repetitive Reading Fluency Interventions for Students With Reading Difficulties. Remedial and Special Education, 42(2), 78–93. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0741932519855058

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Idami, Z., Nazaruddin, N., Wati, S., Kurniasy, D., & Febrian, F. (2024). Integrating Repetitive Reading with Service-Learning in Ameliorating Critical Reading at a Private Islamic Junior High School. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 49–55. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.233