Strategi Penanaman Nilai Agama dan Budi Pekerti Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita 03 Pomahan

Penulis

  • Kuni Dzawil Hija IAIN Ponorogo
  • Ernik Ernawati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Yasinta Nur Avivah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Hestu Wilujeng Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.237

Kata Kunci:

Agama, Anak Usia Dini, Budi Pekerti

Abstrak

Pendidikan agama dan budi pekerti merupakan unsur penting dalam Kurikulum Merdeka PAUD untuk membentuk kepribadian anak sejak dini. Penelitian ini menganalisis strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan budi pekerti pada anak usia dini di TK 3 Pomahan. Metode pengabdian ini menggunakan pendekatan ABCD dengan metode pemetaan aset individu untuk mengidentifikasi keterampilan dan potensi guru, orang tua, serta peserta didik. Strategi yang diterapkan meliputi keteladanan guru, pelaksanaan kegiatan, dan pengondisian lingkungan. Guru di TK 3 Pomahan membiasakan peserta didik dengan salam, makan/minum sambil duduk, dan menggunakan kata-kata sopan. Pembiasaan berdoa, menjaga kebersihan, serta tampilan visual di kelas juga menjadi bagian dari strategi ini. Hasilnya menunjukkan bahwa pembiasaan yang konsisten dan dukungan dari orang tua efektif dalam membentuk karakter dan budi pekerti anak usia dini. Strategi ini menjadi model penting dalam pendidikan nilai agama dan budi pekerti di TK 3 Pomahan.

Referensi

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan karakter dalam pembentukan akhlak anak pra sekolah. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287-295.

Ariyanti, N. A., Dewi, N. M. L., Pujiani, N. N., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(02), 125-135.

Aruan, C. N., Pakpahan, J. H., & Herlina, E. S. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru PAUD Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Di PAUD SOS Sitabotabo. Journal of Creative Student Research, 1(5), 241-251.

Erviana, V. Y. (2021). Penanganan dekadensi moral melalui penerapan karakter cinta damai dan nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1-9.

Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273-292.

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi metode pembelajaran STEAM pada kurikulum merdeka untuk PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493-6504.

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan karakter religius dan mandiri di pesantren. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 28(1), 42.

Reindrawati, D. Y. (2020). Pembiasaan Menjaga Kebersihan Sejak Usia Dini (Pengabdian Pada Murid TK Bintang Kecil Surabaya). Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143-158.

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode penanaman nilai-nilai agama dan moral anak usia dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29-44.

Safitri, R. N., & Darsinah, D. (2023). Strategi Guru dalam Membangun Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70-79.

Salsabila, U. H. (2018). Teori ekologi Bronfenbrenner sebagai sebuah pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 7(1), 139-158.

Samsir, H. M. (2022). Teori Pemodelan Bandura. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067-3080.

Setyarum, A. (2023, February). Penanaman Pendidikan Karakter Sopan Santun Pada Anak Usia Dini. In Unikal National Conference (pp. 1070-1074).

Sinta, I. (2015). Strategi Guru Ppkn Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3).

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31-50.

Wahyuni, I. W., & Suyadi, S. (2022). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak usia Dini di PAUD IT Bunayya Pekanbaru. Generasi Emas, 5(2), 33-42.

Widiyastuti, R. (2020). Kebaikan akhlak dan budi pekerti. Alprin.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Hija, K. D., Ernawati, E., Avivah, Y. N., & Wilujeng, H. (2024). Strategi Penanaman Nilai Agama dan Budi Pekerti Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita 03 Pomahan. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 56–66. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.237