Edukasi Literasi Perbankan Syariah kepada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tarbiyatul Athfal Gampong Blang Crum Kandang Kecamatan Muara Dua Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.242Kata Kunci:
Edukasi, Literasi, Perbankan SyariahAbstrak
Kemampuan numerasi merupakan dasar dari berbagai aspek kehidupan. Dalam pembelajaran, kemampuan numerasi tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan problem solving, akan tetapi juga dapat mengembangkan kemampuan bernalar kritis siswa. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa yang merupakan kemampuan dasar untuk mempelajari matematika yang tingkatannya lebih kompleks maupun pelajaran lainnya. Metode yang digunakan adalah Community Based Research (CBR) yaitu suatu pendekatan yang mengutamakan kebutuhan masyarakat dan menyatukan berbagai elemen komunitas untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam penelitian guna mengatasi tantangan yang muncul di dalam komunitas tersebut. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa kelas X SMA Cut Meutia Banda Aceh yang berjumlah 120 siswa. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui tes yang diberikan setelah pelatihan berakhir dan adanya motivasi siswa untuk terus melatih kemampuan numerasi mereka yang diketahui melalui hasil angket.
Referensi
Febriliana, I., Riza, D., & Azizah, H. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar Hi-Tech, 1(1), 118–131.
Keuangan, O. J. (2016). Perbankan.
Lestara Permana, G. P., Budi, A. S., Ngurah Darma Paramartha, I. G., Sindhu Yoga, I. M., Dewi, P. P., Adyatna Wedananta, K., & Humaswara Prathama, G. (2023). Edukasi Mewarnai Pola dalam Rangka Melatih Kreativitas Siswa Taman Kanak-Kanak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 942–949. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5370
Martha, D. (2023). Simulasi Kegiatan Jual Beli Dan Menabung Bagi Siswa Siswi TK Al Azhar 54 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia Sejahtera, 2(4).
Mindari, E., Septariani, J., & Calista, A. (2023). Edukasi gemar menabung guna melek literasi keuangan sebagai motivasi menuju kemandirian finansial. 4(6), 13375–13381.
Srimuliati, Saputri, N., Azzahra, A., Asih, S., Alnisa, S. S., & Fatrisya, P. (2024). Pengembangan Budaya Literasi melalui Pojok Baca di SMP Muhammadiyah Langsa. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.172
Sumanti, E., Nilda, E., & Syarif, D. (2021). Kesadaran Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini Di Sekolah Dasar Nomor 040/Xi Desa Koto Limau Manis. … : Jurnal Pengabdian Kepada …, 01(01), 3–6. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/RGK/article/view/3565
Syamsuri, Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Jamal. (2021). Analisis Qanun (Lembaga Keuangan syariah) Dalam Penerapan Ekonomi Islam Melalui Perbankan Syariah di Aceh. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1705–1716. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie
Wahyuti, S., Nasrun, A., & Lulu Zannati, S. (2023). Edukasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini Untuk Bekal Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 16–19. https://jurnal.fekon-uwgm.ac.id/index.php/dharmagama
Yuliana, J., Usman, B., Ananda, D., & Astini, D. (2022). Sosialisasi Pentingnya Menabung Pada Anak-Anak Usia Dini Pada TK Sabilil. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 239–244.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hidayatina Hidayatina, Ainun Mardhiah, Khalish Khairina
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.