Sosialisasi dan Penyesuaian Minat Bakat Siswa melalui Psikotes pada Siswa Kelas IX MTsS Ar Rahman Paya Tumpi Aceh Tengah
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.245Kata Kunci:
Sosialisasi, Penyesuaian, Minat Bakat, PsikotesAbstrak
Minat dan bakat merupakan bagian terpenting dalam penentuan jurusan bagi para siswa tingkat menengah dan tingkat atas. Untuk meneruskan pendidikan sesuai dengan keahliannya maka pentingnya untuk melakukan psikotes minat dan bakat agar tidak lagi terjadi fenomena salah jurusan yang sering dikeluhkan dalam tingkat perguruan tinggi. Seringnya keluhan mendasar yang dikeluhkan para mahasiswa adalah menyesal karena salah memilih jurusan dan berimbas pada ketidaklulusan di tingkat perguruan tinggi. Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada siswa MTsS Ar Rahman Paya Tumpi melalui sosialisasi dan juga melakukan psikotes minat dan bakat. Sosialisasi dan juga penyesuaian bakat ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kesalahan dalam memilih jurusan bagi peserta didik di kemudian hari. Jumlah subjek yang diikutsertakan dalam pengabdian ini berjumlah 26 siswa kelas 9. Instrumen psikotes yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu Wartegg Test, RMIB (Rothwell Miller Interest Blank), Modality Test, dan Dragon Test. Hasil dilakukannya pengabdian masyarakat ini yaitu mampu memberikan gambaran minat dan bakat siswa serta gambaran pengetahuan mengenai tingkat intelegensi serta kepribadian siswa. Dari hasil tes yang telah dilakukan siswa dapat menggunakannya untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya seperti pemilihan jurusan baik ke tingkat SMA dan juga ke tingkat perguruan tinggi serta siswa mampu memahami diri dan kepribadiannya. Sosialisasi pentingnya melakukan tes minat dan bakat juga di jabarkan sebagai informasi penting bagi para peserta didik di MTsS Ar Rahman Paya Tumpi.
Referensi
Briones, S. K. F., Dagamac, R. J. R., David, J. D., & Landerio, C. A. B. (2022). Factors Affecting the Students’ Scholastic Performance: A Survey Study. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 2(2), 97–102. https://doi.org/10.17509/ijert.v2i2.41394
Ndolu, SH, Keraf, MKPA, & Damayanti, Y. (2021). Pengaruh Pemilihan Jurusan pada Mahasiswa Minat Belajar di Negeri SMK Negeri 4 Kupang Kota. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Magdalena, I. dkk. (2020). Cara Mengembangkan Bakat Peserta Didik. BINTANG, 2(3), 278-287.
Muqaff, N. R. (2022). Tes Minat Bakat Holland Personality Test terhadap Siswa di SMKN 3 Soppeng. . Jurnal Lepa-lepa Open https: //ojs.unm.ac.id/JLLO/index Volume 2 Nomor 2, 2022 e-ISSN 2776-4176.
Muhopilah.,P. Y. S. (2024). Psikotes sebagai metode untuk pemetaan minat dan bakat siswa kelas XII darul uluum PUI Majalengka. jurnal pengabdian masyarakat bangsa. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
Perta, W. P. (2021). Dampak Pemilihan Jurusan Terhadap Belajar Siswa di SMA Negeri I Batusangkar
Sastraatmadja, A. &. (2023). Urgensi Pengarsipan Berkelanjutan di Sekolah. Jurnal Pendidikan West Science 1(12), 723-742.
Yani, D. M. (2022). Assesmen Psikologi Tes Minat Bakat Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Anggaberi. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 3(1), 8-14. https://doi.org/10.35311/jmpm.v3i1.45
Yonanda, N. R. (2022). Pentingnya Minat dan Bakat Dalam Memilih Program Studi yang Prospektif di Industri Melalui Bimbingan Dan Konseling Karir di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Ihtiram: Multidisipinary Journal Of Counseling and Social Research, 1 (1), 23-32.
Perta, F, Z., Perta, (2021, November 26). 87 persen Mahasiswa RI Mengaku Salah Pilih Jurusan. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5828770/87-persen- mahasiswa-ri-merasa-salah-jurusan-apa-sebabnya
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rizkia Shaulita, Shaumiwaty Shaumiwaty, Isnawati Isnawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.