Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata di Desa Nalon Kecamatan Serbajadi
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.247Kata Kunci:
Pengembangan Masyarakat, KKN, Pengabdian, Mahasiswa, Desa NalonAbstrak
Pengembangan masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Nalon, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, merupakan upaya strategis untuk memperkuat kapasitas dan kesejahteraan masyarakat lokal. Program ini dirancang untuk memfasilitasi partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatan pemberdayaan, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi kreatif, dan pelestarian lingkungan. Metode pada pengabdian ini menggunakan metode service-learning. Tim pengabdian membantu menggali potensi lokal dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh masyarakat. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam bidang-bidang tersebut, yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan keberlanjutan pembangunan di Desa Nalon. Program KKN ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah dalam konteks nyata, sekaligus memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat.
Referensi
Puspita, A. A., (2024). Mahasiswa mengajar di SMPN 1 Lokop. https://www.zawiyahnews.com/2024/08/kelompok-8-kkn-melayu-serumpun-desa.html
Arthawati, S.N., Mevianillah, S.A.R., (2023). Pengembangan Masyarakat Melalui Penerapan Pengelolaan Kampung KB Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Bale Kencana Kecamatan Mancak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakar. Vol. 2, No. 1.
Sahara, H. (2024). Sosialisasi Stop Bullying di SMPN 1 Lokop. https://www.kompasiana.com/hertinasahara7809/66be255534777c155643e592/mahasiswa-kkn-melayu-serumpun-sukses-menggelar-sosialisasi-stop-bullying-di-smpn-1-lokop?lgn_method=google
Syauki, M. (2024). Sosialisasi menabung di SMPN 1 Lokop. https://www.zawiyahnews.com/2024/08/kelompok-8-kknms-desa-nalon-gelar.html
Nusanti, I. (2014). Strategi Service Learning Sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 251–260.
Santosa, A. (2007). Implementation and Comparison of Service-Learning Pedagogy in a Subject of Interior Design. Dimensi Interior, 5(1), 54-60.
Wahyuti, S., Asrun, A., & Zannati, S. L., Edukasi Pentingnya Menabung, Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Ghama, Vol 1, No 1 (Maret 2023),
Utama, A. A., Pratama, D., & Noercholis, D. F. (2019). Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Nvivo 12 Plus Di Psdku Unair Banyuwangi. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 1(3),151-154.
Dharma, U. S. (2024). Kode Etik Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sanata Dharma.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Syauki, Wahidah Wahidah, Mirna Mirna, Khairunnisa Khairunnisa, Dea Anggraini, Ade Ayu Puspita, Siti Balqis, Fauziah Indah, Bagas Maolana, Irda Auliya Hadi Lubis , Fatimah Zahra, Wira Aditia Saputra, Hertina Sahara, M. Ryamizar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.