Pelatihan Kemampuan Numerasi Bagi Peserta Didik untuk Bernalar Kritis

Penulis

  • Ayu Mastura Universitas Syiah Kuala
  • Cut Yuni Nurul Hajjina Universitas Syiah Kuala
  • Azbar Tanjung Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.249

Kata Kunci:

Kemampuan Numerasi, Bernalar Kritis, Pelatihan

Abstrak

Kemampuan numerasi merupakan dasar dari berbagai aspek kehidupan. Dalam pembelajaran, kemampuan numerasi tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan problem solving, akan tetapi juga dapat mengembangkan kemampuan bernalar kritis siswa. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa yang merupakan kemampuan dasar untuk mempelajari matematika yang tingkatannya lebih kompleks maupun pelajaran lainnya. Metode yang digunakan adalah Community Based Research (CBR) yaitu suatu pendekatan yang mengutamakan kebutuhan masyarakat dan menyatukan berbagai elemen komunitas untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam penelitian guna mengatasi tantangan yang muncul di dalam komunitas tersebut. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa kelas X SMA Cut Meutia Banda Aceh yang berjumlah 120 siswa. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan kemampuan numerasi siswa melalui tes yang diberikan setelah pelatihan berakhir dan adanya motivasi siswa untuk terus melatih kemampuan numerasi mereka yang diketahui melalui hasil angket.

Referensi

Baker, T., & Evans, M. (2023). Numeracy Skills for the Modern Workforce. Business and Economics Review, 52(4), 34-47.

Chang, I. (2023). Early numeracy and literacy skills and their influences on fourth-grade mathematics achievement: a moderated mediation model. Large-scale Assessments in Education, 11(1), 18.

Davenport, T. (2023). Data-Driven Decision Making and the Importance of Numeracy Skills. Harvard Business Review, 101(6), 24-30.

Gal, Iddo & Grotlüschen, Anke & Tout, Dave & Kaiser, Gabriele. (2020). Numeracy, adult education, and vulnerable adults: a critical view of a neglected field (ZDM Survey paper). ZDM -International Journal on Mathematics Education. 52. 377-394.

Han, W., dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Johnson, R., & Smith, K. (2024). Practical Numeracy: Everyday Applications and Skills. Daily Living Journal, 39(3), 112-123.

Kus, M. (2018). Numeracy. Brock Education Journal. 27. 10.26522/brocked.v27i2.579.

Mansur, N. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. PRISMA.1.

Miller, J., & Davies, L. (2024). Financial Literacy and Numeracy: A Comparative Study. Journal of Personal Finance, 29(1), 88-100.

OECD. (2023). Skills Matter: Further Results from the Survey of Adult Skills. OECD Publishing.

Putra, Y.Y., Zulkardi & Hartono, Y. 2016. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung. Kreano. Jurnal matematika kreatif dan inovatif. Vol.7, no.1.

Wang, Y., Li, X., & Yang, Y. (2023). Cognitive Benefits of Early Numeracy Skills. Cognitive Development Studies, 56(2), 101-115.

Williams, T., & Brown, E. (2024). Supporting Numeracy Development at Home. Parenting and Education Review, 31(3), 45-58.

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2024

Cara Mengutip

Mastura, A., Hajjina, C. Y. N., & Tanjung, A. (2024). Pelatihan Kemampuan Numerasi Bagi Peserta Didik untuk Bernalar Kritis . Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 78–82. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i2.249