Pemanfaatan Platform Media Sosial sebagai Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Pelaku UMKM di Desa Paya Bili

Penulis

  • Intan Maulida Univeritas Bumi Persada
  • Rahmiatul Aula Universitas Bumi Persada
  • Sutan Febriansyah Universitas Bumi Persada
  • Lia Rista Universitas Bumi Persada
  • Venna Maulida Mustika Universitas Bumi Persada

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.258

Kata Kunci:

Media Sosial, Digital Marketing, UMKM, Penjualan

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada UMKM mengenai strategi pemasaran digital melalui media sosial di Desa Paya Bili. Melalui perkembangan teknologi digital, media sosial telah menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mempromosikan produk dan menjangkau konsumen yang lebih luas, bahkan di sektor ritel. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode survei, wawancara dengan pelaku UMKM, observasi dan analisis konten platform media sosial yang digunakan oleh pelaku UMKM di daerah tersebut. Temuan pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp dapat meningkatkan visibilitas produk, meningkatkan penjualan, dan memperlancar transaksi. Namun, beberapa keterbatasan, seperti terbatasnya ketersediaan perangkat digital dan akses internet, masih menjadi kendala.

Referensi

Alalwan, A. A., Rana, N. P., Dwivedi, Y. K., & Algharabat, R. (2017). Social Media in Marketing: A Review and Analysis of the Existing Literature. Telematics and Informatics, 34(7), 1177-1190.

Ahmad, S. Z., Ahmad, N., & Bakar, A. R. A. (2018). Reflections of Entrepreneurs of Small and Medium-Sized Enterprises Concerning the Adoption of Social Media and Its Impact on Performance Outcomes: Evidence from the UAE. Telematics and Informatics, 35(1), 6-17.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Pulizzi, J. (2012). The rise of storytelling as the new marketing. Publishing Research

Quarterly, 28(2), 116–123.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate social responsibility: Doing the most good for

your company and your cause. Wiley.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2025

Cara Mengutip

Maulida, I., Aula, R., Febriansyah, S., Rista, L., & Mustika, V. M. (2025). Pemanfaatan Platform Media Sosial sebagai Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Pelaku UMKM di Desa Paya Bili. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 27–33. https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.258