Sosialisasi Sumber Energi Listrik Alternatif dari Buah-Buahan melalui Pengabdian Mengajar Santri di MIN 4 Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur
DOI:
https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.274Kata Kunci:
Sosialisasi, Energi listrik alternatif, Pengabdian mengajar santriAbstrak
Sosialisasi sumber energi listrik alternatif dari buah-buahan melalui pengabdian mengajar santri merupakan proses interaksi dan pertukaran informasi antara santri Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Nurul Ulum kecamatan Peureulak, kabupaten Aceh Timur dengan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 kecamatan Peureulak, kabupaten Aceh Timur. Program pengabdian mengajar santri bertujuan agar santri MAS Nurul Ulum dapat mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh di MAS Nurul Ulum untuk diaplikasikan dimasyarakat melalui kegiatan praktek mengajar. Metode pengabdian mengajar santri menggunakan metode service-learning. Hasil akhir kegiatan program pengabdian menunjukkan bahwa respon siswa kelas VI MIN 4 terhadap sosialisasi sumber energi listrik alternatif dari buah- buahan berada pada kategori baik (positif). Ditinjau dari aspek sosialisasi materi, terlihat dari materi yang disampaikan mudah dipahami. berkategori baik dengan jumlah persentase 92,11%, bahasa yang digunakan oleh pemateri dan media pembelajaran mudah dipahami, berkategori baik dengan jumlah persentase 88,6 %, pesan dan informasi yang disampaikan oleh pemateri mudah dipahami, berkategori baik dengan jumlah persentase 90,35 %. Ditinjau dari aspek praktikum energi listrik alternatif, siswa yang memberi respon positif (senang, menarik dan mudah dipahami) dengan jumlah persentase 91,23 % sehingga dapat disimpulkan bahwa sosialisasi yang dilakukan memberi manfaat bagi siswa MIN 4.
Referensi
Anugrahaini, U. S., Sutikno., Masturi (2015). Pengaruh Buah Lemon sebagai Media Pembelajaran Listrik Dinamis terhadap Kondisi Stress Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Vol. 4. SNF 2015-1-7-12.
Askari, D. I. F., Zahra, N. A., Niswa, Q. H., Sartika. D (2022). Identifikasi Potensi Energi Listrik dari Sari Buah-Buahan. Journal LKTI INERGYC. Innovation of Energi and Technologi Competition. 1(1), 35-65
Kumala, F. N (2016). Pembelajaran IPA SD. Malang: Ediide Infografika.
Mujadi (2018). Potensi Energi Listrik dari Buah-Buahan (Studi Eksperimen Besarnya Tegangan, Arus dan Daya pada Beberapa Buah-Buahan yang Ada Dilingkungan Sekitar). Prosiding Seminar Nasional Matematika Sains Dan Teknologi. 122-130.
Nusanti, I. (2014). Strategi Service Learning, Sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20(2), 251-260.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaufa, M. (2021). Manajemen Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Berbasis Service Learning. Jakarta: Publica Institute Jakarta
Ummah, F., & Sudarti. (2021). Analisis Potensi Arus Listrik pada Buah Jeruk sebagai Energi Alternatif. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 7(4), 42-45.
Yuniati, Y., Purwiyanti, S., Martin, Y. (2019). Sosialisasi Implementasi Buah-Buahan sebagai Sumber Energi Listrik untuk Pengayaan Pembelajaran Fisika bagi Siswa SMA YP UNILA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Sakai Sambayan. 3(1), 34-37.
Wardana. R. W., Mayub. A., Firdaus. M. L. Pitaloka. N., Elcane. D. C. O. (2022). Optimalisasi Pembelajaran IPA Berbasis Ecovegefruit untuk Mengembangkan Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap Konservasi Siswa SMPN 8 Rejang Lebong. Andromeda. Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia. 2(2), 1-8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Juwairiah Juwairiah, Yurda Fitri, Muhammad Reza, Yayang Tri Sandrina, Aila Fajrina, Fina Darliana, Khairunnisyah, Nadia Salsabila, Ramadayanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.