From Assessment to Action: Bimtek Optimalisasi Hasil AKMI untuk Peningkatan Mutu Madrasah

Penulis

  • Elfi Rahmadhani Institut Agama Islam Negeri Takengon
  • Nurjani Nurjani Institut Agama Islam Negeri Takengon

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.282

Kata Kunci:

Bimtek, AKMI, Madrasah

Abstrak

Artikel ini membahas pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) optimalisasi hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menganalisis dan memanfaatkan data AKMI untuk perencanaan serta evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom selama satu minggu dan diikuti oleh 20 guru Madrasah Ibtidaiyah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pemberian materi, penugasan dan tes. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil memberikan wawasan baru kepada peserta, khususnya dalam memahami konsep literasi numerasi, literasi membaca, literasi sains, dan literasi sosial budaya. Peserta mampu mengintegrasikan literasi tersebut ke dalam pembelajaran di kelas secara lebih efektif. Selain itu, pelatihan juga meningkatkan kemampuan guru dalam menganalisis data AKMI untuk digunakan sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang lebih terarah. Respon peserta menunjukkan bahwa mereka merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan relevan untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah.

Referensi

Anderson, T., & Elloumi, F. (2023). Foundations of E-Learning: Theories and Applications. Routledge.

Andriana, D., Rahmawati, L., & Pratama, A. (2023). Integrasi Data Asesmen dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 12(1), 45-58.

Black, P., & Wiliam, D. (2018). Assessment and Classroom Learning: Principles and Practice. Educational Assessment, 25(2), 123-140.

Datnow, A., Park, V., & Kennedy-Lewis, B. (2021). Data-Driven Decision Making in Education: Challenges and Opportunities. Journal of Educational Change, 22(3), 315-334.

Faizah, M., Bisriyah, M., & Hasanah, S. M. (2022). Pembuatan Soal Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI): Teori dan Praktek Bagi Guru MI. JRCE (Journal of Research on Community Engagement), 4(1), 16–21. https://doi.org/10.18860/jrce.v4i1.16959

Guthrie, J. T., & Wigfield, A. (2021). Engagement and Motivation in Literacy Learning: A Comprehensive Framework. Springer.

Hasibuan, K. A. (2023). Pelatihan Tidak Lanjut Hasil AKMI: Konsep dan Praktik Pada Guru MI di Kota Sukabumi. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(2), 424. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.44545

Hidayat, M., Susanto, A., & Rahayu, T. (2023). "Assessing the Impact of Diagnostic Assessments on Student Learning Outcomes in Islamic Schools." International Journal of Educational Research, 12(4), 233-249.

Kementerian Agama RI. (2023). Panduan Pelaksanaan AKMI 2023. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Jakarta.

Kirkpatrick, D. L. (2022). Evaluating Training Programs: The Four Levels. Berrett-Koehler Publishers.

OECD. (2022). PISA 2021 Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science. OECD Publishing.

Piaget, J. (2020). The Development of Thought: Equilibration of Cognitive Structures. Viking Press.

Rahmawati, L., Subekti, N., & Prasetyo, D. (2022). "Sustaining Literacy Enhancement Programs in Madrasah: The Role of Continuous Mentoring." Educational Review Journal, 15(2), 189-205.

Rufiana, I. S., Harianto, A., & Arifin, S. (2023). Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Madrasah Pada Kurikulum Merdeka: BIMTEK Pelatihan Tindak Lanjut Hasil AKMI Tingkat Madrasah. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Safrida, L. N., Sholekhah, I., & Setiawan, T. B. (2024). Pelatihan Penyusunan Instrumen Literasi Numerasi Bertema Pertanian Bagi Guru MI Hidayatul Mubtadi’in Sidodadi Tempurejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 7(1), 1–8.

Sari, M., Widodo, P., & Kurniawan, H. (2023). "Effectiveness of Online Training for Madrasah Teachers in Enhancing Literacy Competence." Journal of Digital Education and Innovation, 8(3), 112-128.

Slavin, R. E. (2022). Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Pearson Education.

Smith, J., & Brown, P. (2018). Data-Driven Teaching: Evidence-Based Strategies to Improve Student Outcomes. Routledge, New York.

Vygotsky, L. S. (2019). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2025

Cara Mengutip

Rahmadhani, E., & Nurjani, N. (2025). From Assessment to Action: Bimtek Optimalisasi Hasil AKMI untuk Peningkatan Mutu Madrasah. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 54–63. https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.282