Model Pemberdayaan UMKM melalui Zakat Produktif: Studi Kasus Implementasi Program Z-Mart dan Z-Chicken BAZNAS Kabupaten Jember

Program Bantuan Modal usaha Z-Mart dan Z-Chicken BAZNAS Kabupaten Jember

Penulis

  • Aminatus Zahriyah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Citra Oriza Maulina Arianta UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Faisya Saffa Kamila UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Shinta Wulan Dari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.291

Kata Kunci:

Pemberdayaan UMKM, Zakat Produktif, Z-Mart, Z-Chicken, BAZNAS

Abstrak

Pemberdayaan ekonomi mustahik melalui zakat produktif, dengan fokus khusus pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), menjadi inti dari pengabdian ini. Dalam kajian ini, kami menganalisis efektivitas Program Z-Mart dan Z-Chicken yang dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Jember dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi para mustahik. Salah satu tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan program dengan menggunakan pendekatan Community Based Research (CBR). Metode CBR ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat di setiap tahap pengabdian. Beberapa strategi yang diterapkan meliputi identifikasi kebutuhan melalui diskusi kelompok terfokus (FGD), pendampingan intensif, pelatihan manajemen usaha yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal, serta monitoring dan evaluasi secara partisipatif. Selain itu, diseminasi hasil pengabdian juga dilakukan untuk memastikan informasi dapat tersebar luas. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan kemandirian ekonomi mustahik. Pendekatan CBR, yang melibatkan masyarakat secara aktif, berhasil meningkatkan rasa memiliki terhadap program yang dijalankan. Namun, masih terdapat tantangan yang perlu dihadapi, seperti akses pasar dan persaingan dalam dunia usaha. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan dan kolaborasi yang lebih erat antara BAZNAS dan komunitas UMKM untuk memastikan keberlangsungan program ini.

Referensi

A, J. (2025, Februari 23). Dampak Program terhadap UMKM Mustahik. (Peneliti, Interviewer)

Bintania, A. (2020). Karakteristik Kebutuhan Mustahiq dan Analisis Prioritas Penyaluran Zakat oleh Baznas Kota Tanjungpinang. TERAJU: Jurnal Syariah dan Hukum , 35-52.

Dinas, K. d. (2022). Data UMKM Kabupaten Jember. Jember: Dinas Koperasi dan UMKM.

Jeny Dwita Putri, L. H. (2024). Analisis Pemberdayaan Zakat melalui Program Zchicken dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik di Kabupaten Bojonegoro . Jurnal Hukum Islam: MUTAWASIHT, 40-53.

Kahf, M. (2015). Ekonomi Islam Telaah Analitik Terhadap Sistem Ekonomi Kapitalisme, Sosialisme, dan Islam. Jakarta: penerbit Buku Kompas.

Kementerian, K. U. (2023). Data UMKM Nasional. Jakarta: Kementerian dan UKM.

OECD. (2020). SME Policy Responses to the COVID-19. Paris: OECD Publishing.

Ropi, M. (2020, Juni 2020). Evaluasi Proses Program Zakat Community Development Badan Amil Zakat Nasional di Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Tambunan, T. (2019). UMKM di Indonesia: Antara Harapan dan Tantangan. Jakarta: LP3ES.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Sage Publications.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2025

Cara Mengutip

Zahriyah, A., Maulina Arianta, C. O., Kamila, F. S., & Dari, S. W. (2025). Model Pemberdayaan UMKM melalui Zakat Produktif: Studi Kasus Implementasi Program Z-Mart dan Z-Chicken BAZNAS Kabupaten Jember: Program Bantuan Modal usaha Z-Mart dan Z-Chicken BAZNAS Kabupaten Jember. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 34–44. https://doi.org/10.56921/cpkm.v4i1.291