Pelatihan Media Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Kreatifitas bagi Guru MI Kota Lhokseumawe

Penulis

  • Rahmy Zulmaulida IAIN Lhokseumawe
  • Said Alwi IAIN Lhokseumawe
  • Mutia Sari IAIN Lhokseumawe
  • Nurul Akmal IAIN Lhokseumawe
  • Elfiadi IAIN Lhokseumawe
  • Syukran IAIN Lhokseumawe
  • Muhammad Iqbal Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.66

Kata Kunci:

media ajar, media, pembelajaran, madrasah

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi guru MI di Kota Lhokseumawe tentang pelatihan media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kreatifitas. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan praktikum, dengan pembagian 8 JP dengan durasi 50 menit per JP. Hasil pengabdian ini memberikan sumbangsih dan saran bagi guru dalam memilih media ajar yang kreatif yang dapat diterapkan di dalam kelas, selanjutnya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan khususnya Madrasah.

Referensi

Adilah, H. G., & Suryana, Y. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENINGKATKAN MUTU ‎PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.11037

Hasanah, N. (2015). DAMPAK KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH DI KOTA SALATIGA. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.445-466

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. https://doi.org/10/1/jurnal%20Nds%20dan%20toy%20Fiks.pdf

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218

Sa’ud, U. S., & Sumantri, M. (n.d.). PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH.

Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.162

Sumantri;, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: Teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar / Mohamad Syarif Sumantri (Jakarta). Rajawali Pers. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=10603&keywords=

Wahidah, M. N., Putro, H. P. N., Syaharuddin, S., Prawitasari, M., Anis, ‪Mohamad Z. A., & Susanto, H. (2021). Dinamika Pendidikan Dasar Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin (1986-2019). PAKIS (Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/pakis.v1i1.3186‬‬

Unduhan

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Zulmaulida, R., Alwi, S., Sari, M., Akmal, N., Elfiadi, Syukran, & Iqbal, M. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Kreatifitas bagi Guru MI Kota Lhokseumawe . Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i2.66