Data Privacy in Social Media: Awareness and Comfortability of Mathematical Computing Course Session I 2023/2024 Sultan Abdul Halim Mu'adzam Shah Polytechnic’s Students

Penulis

  • Nurulhuda Binti Che Abd Rani POLITEKNIK SULTAN ABDUL HALIM MU'ADZAM SHAH, 06000 JITRA, KEDAH, MALAYSIA
  • Fariha Binti Ayob Politeknik Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.200

Kata Kunci:

Privasi data, Media sosial, Kesadaran, Kenyamanan

Abstrak

Meningkatnya integrasi media sosial dalam kehidupan sehari-hari individu telah menimbulkan kekhawatiran yang signifikan mengenai privasi data. Ketika pengguna secara aktif terlibat dengan berbagai platform, sejauh mana mereka menyadari implikasi privasi dan tingkat kenyamanan mereka dalam penggunaan data pribadi menjadi isu penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi platform media sosial yang sering digunakan oleh pelajar, tingkat kesadaran mereka terhadap kebijakan privasi data media sosial dan kenyamanan mereka terhadap privasi data oleh perusahaan media sosial. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 106 siswa laki-laki dan perempuan. Data dianalisis secara deskriptif dengan mean, frekuensi dan persentase. Tingkat kesadaran terhadap kebijakan privasi data media sosial termasuk tinggi dengan skor rata-rata 3,94, WhatsApp merupakan platform media sosial yang sering digunakan dengan skor 89,62% dan sebagian besar siswa merasa sangat nyaman dengan cara platform media sosial pendidikan menggunakan data mereka dengan rata-rata 3,85 . Studi ini mengusulkan perlunya pendekatan beragam yang melibatkan pendidikan, pemberdayaan pengguna, dan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kesadaran privasi data dan tingkat kenyamanan di kalangan pelajar di bidang media sosial dan mempersiapkan lingkungan online yang lebih aman dan bertanggung jawab bagi pengguna generasi berikutnya

Diterbitkan

31-07-2024

Cara Mengutip

Nurulhuda Binti Che Abd Rani, & Binti Ayob, F. (2024). Data Privacy in Social Media: Awareness and Comfortability of Mathematical Computing Course Session I 2023/2024 Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah Polytechnic’s Students. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(2), 35–46. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.200