Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.201Kata Kunci:
Pendidikan matematika realistik, koneksi matematis, peningkatanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pendekatan RME terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental Designs (Nondesigns). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP IT Ummul Qura Panton Labu Aceh Utara dengan sampel 20 siswa dikelas IX. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis terbagi atas pretest dan posttest. Teknik analisis yang dipakai meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan uji t, dan uji korelasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 24. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan RME terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Hal ini juga didukung dari data deskriptif yang menunjukkan rata-rata nilai posttest lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pretest. Selanjutnya hasil analisis uji korelasi menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang menyatakan adanya korelasi dan nilai Pearson correlations = 0.664 yang termasuk dalam kategori kuat dan arah hubungan yang positif.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rohantizani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.