Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Menggunakan Media Canva

Penulis

  • Khairatul Ulya IAIN Langsa
  • Srimuliati Srimuliati IAIN Langsa
  • Nabila Alviona IAIN Langsa
  • Nabila Luthfiyyah Khairi IAIN Langsa
  • Natasya Tryandini Putri IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.222

Kata Kunci:

LKPD, CTL, Canva, Trigonometric Functions

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis CTL pada materi trigonometri dengan menggunakan Canva. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen yang digunakan menggunakan panduan mandiri sesuai buku ajar dengan memberikan intruksi khusus untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tahapan pada materi fungsi trigonometri. Tahapan uji kelayakan produk dilakukan oleh tiga orang pakar yakni ahli materi, ahli media dan ahli desain. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa nilai validitas produk dengan kategori valid dan nilai praktikalitas pada kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dengan tahapan CTL menggunakan aplikasi canva valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu memahamkan siswa terkait materi fungsi trigonometri.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2024

Cara Mengutip

Ulya, K., Srimuliati, S., Alviona, N., Khairi, N. L., & Tryandini Putri, N. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Menggunakan Media Canva . JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 3(2), 15–22. https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.222