Peran Majelis Pendidikan Daerah dalam Melibatkan Peran Masyarakat Meningkatkan Mutu Pendidikan di Bener Meriah
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v3i2.241Kata Kunci:
Majelis Pendidikan Daerah, Kualitas, PendidikanAbstrak
Peran masyarakat untuk ikut berpartisipasi meningkatkan mutu pendidikan masih lemah. MPD yang punya tugas pengawasan mempunyai kewajiban untuk melakukan pendampingan partisipasi masyarakat melalui komite sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen Majelis Pendidikan Daerah (MPD) dalam melibatkan peran masyarakat untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian meliputi wawancara, dokumen, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen MPD dalam melibatkan peran masyarakat untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Bener Meriah terdiri dari manajemen perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan serta evaluasi. Manajemen MPD dalam melibatkan masyarakat ini berjalan dengan baik, meskipun di tingkat implementasi dan ekskusi kegiatan oleh komite berjalan lambat, karena fungsi MPD hanya sebatas pada pendampingan bukan ekskusi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lasma Farida, abdussyukur abdussyukur
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.