Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Information Search: Mengakomodasi Keragaman di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.285Kata Kunci:
Metode Information Search, Hasil Belajar, KeragamanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Karangpawitan pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman melalui penerapan metode pembelajaran Information Search. Metode ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi secara efektif, berbasis teori konstruktivisme, pembelajaran berbasis inquiry, dan teori perilaku terencana. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang melibatkan 13 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada siklus kedua, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 85 dan ketuntasan belajar sebesar 92%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat dari 61% pada siklus pertama menjadi 88% pada siklus kedua. Penerapan metode ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, meningkatkan pemahaman siswa, serta mendukung pembentukan karakter inklusif. Penelitian ini membuktikan efektivitas metode Information Search dalam pembelajaran tematik berbasis nilai-nilai keberagaman.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Reni Nurliani, Evanirosa, Ega Gradini, Nurjani, Firmansyah B Firmansyah B

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.