Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Information Search: Mengakomodasi Keragaman di Sekolah Dasar

Penulis

  • Reni Nurliani SDN 4 Karangpawitan
  • Evanirosa IAIN Takengon
  • Ega Gradini IAIN Takengon
  • Nurjani IAIN Takengon
  • Firmansyah B IAIN Takengon

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.285

Kata Kunci:

Metode Information Search, Hasil Belajar, Keragaman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Karangpawitan pada materi Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman melalui penerapan metode pembelajaran Information Search. Metode ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi secara efektif, berbasis teori konstruktivisme, pembelajaran berbasis inquiry, dan teori perilaku terencana. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang melibatkan 13 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada siklus kedua, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 85 dan ketuntasan belajar sebesar 92%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat dari 61% pada siklus pertama menjadi 88% pada siklus kedua. Penerapan metode ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, meningkatkan pemahaman siswa, serta mendukung pembentukan karakter inklusif. Penelitian ini membuktikan efektivitas metode Information Search dalam pembelajaran tematik berbasis nilai-nilai keberagaman.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2025

Cara Mengutip

Nurliani, R., Evanirosa, Gradini, E., Nurjani, & Firmansyah B. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Information Search: Mengakomodasi Keragaman di Sekolah Dasar. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 4(1), 89–99. https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.285