Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Leaerning) Dengan Kegiatan Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.257Kata Kunci:
PjBL (Project Based Learning); , Outdoor Learning; , Hasil Belajar; , IPA Materi Pencemaran LingkunganAbstrak
Remaja pada usia produktif membutuhkan banyak keterampilan hidup agar dapat bersaing dan menjalani tuntutan dan tantangan dalam kehidupan nyata sehari-harinya. Namun pada kenyataanya masih banyak remaja mengalami ketidakmampuan untuk penyesuaian karena adanya ketidakseimbangan antara tuntutan dengan kemampuan yang dimilikinya, salah satunya kemapuan yang dibentuk dari pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL dengan kegiatan Outdoor learning dengan terhadap hasil belajar IPA materi Pencemaran Lingkungan bagi siswa kelas VII SMP SABIR. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,47>2,179 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa dengan penerapan model pembelajaran PjBL dengan kegiatan Outdoor learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA materi Pencemaran Lingkungan bagi siswa Kelas VII SMP SABIR.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 3muthmainnah3

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.