Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Leaerning) Dengan Kegiatan Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Penulis

  • Muthmainnah Universitas Bina Bangsa Getsempena

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.257

Kata Kunci:

PjBL (Project Based Learning); , Outdoor Learning; , Hasil Belajar; , IPA Materi Pencemaran Lingkungan

Abstrak

Remaja pada usia produktif membutuhkan banyak keterampilan hidup agar dapat bersaing dan menjalani tuntutan dan tantangan dalam kehidupan nyata sehari-harinya. Namun pada kenyataanya masih banyak remaja mengalami ketidakmampuan untuk penyesuaian karena adanya ketidakseimbangan antara tuntutan dengan kemampuan yang dimilikinya, salah satunya kemapuan yang dibentuk dari pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL dengan kegiatan Outdoor learning dengan terhadap hasil belajar IPA materi Pencemaran Lingkungan bagi siswa kelas VII SMP SABIR. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,47>2,179 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa dengan penerapan model pembelajaran PjBL dengan kegiatan Outdoor learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA materi  Pencemaran Lingkungan bagi siswa Kelas VII SMP SABIR.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2025

Cara Mengutip

Muthmainnah. (2025). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Leaerning) Dengan Kegiatan Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.257