Analisis Hadist Tarbawi tentang Pendidikan Diri dan Pendidikan Anak

Penulis

  • Moh Hafid Huddin UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Eva Dwi Nuriana UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Sintiya UIN Sayyid Ali Rahmatullah

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.264

Kata Kunci:

Hadist Tarbawi, Pendidikan Diri dan Anak, Akhlaq

Abstrak

Hadits merupakan pedoman kedua dalam Islam. Terdapat banyak hadits Nabi yang terkait dengan pendidikan, utamanya adalah pendidikan diri dan pendidikan anak. Tulisan ini mengkaji tentang pendidikan diri dan pendidikan anak dalam perspektif hadits. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode penelitian pustaka. Sumber data penelitian ini berasal dari kitab hadits shahih Bukhari dan Muslim sebagai sumber data primer, serta artikel jurnal yang relevan sebagai sumber data sekunder. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis Isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan diri meliputi pengembangan akhlak, pemahaman agama, dan kesadaran akan peran manusia sebagai khalifah Allah di bumi. Sementara itu, pendidikan anak dimulai sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai agama, etika, dan kedisiplinan.

Unduhan

Diterbitkan

04-03-2025

Cara Mengutip

Hafid Huddin, M., Dwi Nuriana, E., & Sintiya. (2025). Analisis Hadist Tarbawi tentang Pendidikan Diri dan Pendidikan Anak . Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 4(1), 100–109. https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.264