Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Menyambut Usia Balig Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v4i1.283Kata Kunci:
Pembelajaran kooperatif;, Take and Give;, Hasil Belajar; , Pendidikan Agama Islam;, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cipatangga pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi Menyambut Usia Balig melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut, yang tercermin dari nilai rata-rata siswa, yakni 67,5, yang masih di bawah standar yang diharapkan. Penelitian ini juga berfokus menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan antusias. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian berjumlah 10 siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan tes, dianalisis dengan rumus persentase, dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa dari 67,5 pada pra-siklus menjadi 78,5 pada siklus I, dan 91,4 pada siklus II. Ketuntasan belajar meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 70% pada siklus I, dan 100% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 81% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, sementara tingkat kemampuan guru naik dari 90% menjadi 94%. Model pembelajaran Take and Give secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi Menyambut Usia Balig. Dengan demikian, model ini efektif diterapkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ai Elsa, Evanirosa Evanirosa, Ega Gradini, Zuyyina

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.