Students’s Misconceptions Of Social Arithmetic Problems
DOI:
https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.46Kata Kunci:
Misconceptions, Social Arithmetic, Junior High School StudentsAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis miskonsepsi materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Keuramat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Simpang Keuramat kelas VII. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 berjumlah 13 siswa. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen uji, yaitu uji miskonsepsi dan instrumen non tes, yaitu pedoman wawancara. Hasil penelitian menemukan beberapa miskonsepsi yang dialami siswa dalam materi aritmatika sosial dikategorikan menjadi lima jenis, yaitu siswa yang mengalami miskonsepsi konsep sebanyak 1 orang dengan persentase 7,69%, siswa yang mengalami miskonsepsi numerasi sebanyak 2 orang dengan persentase 15,3%, siswa yang mengalami miskonsepsi sistematis sebanyak 6 orang dengan persentase 46,1%, Mahasiswa yang mengalami miskonsepsi sebanyak 3 orang dengan persentase 23%, mahasiswa yang mengalami miskonsepsi strategi sebanyak 5 orang dengan persentase 38,5%.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rahmy Zulmaulida

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










