Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Sulistio Ningsih Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Syafridha Yanti Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh
  • Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh

DOI:

https://doi.org/10.56921/jumper.v2i2.89

Kata Kunci:

Penggunaan Smartphone, Hasil Belajar, Aceh Tengah

Abstrak

Di dalam dunia pendidikan adanya kemajuan teknologi memberi kemudahan mengakses dalam segala bidang pelajaran yang ada di sekolah. Selain memberikan kemudahan ke arah yang lebih posistif, dampak menggunakan telepon genggam atau smartphone dalam dunia pendidikan juga memberikan dampak yang negatif jika salah dalam penggunaanya.Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan smartphone siswa pada SMA Negeri 2 Takengon (2) untuk mengetahui apakah penggunaan smartphone mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex post fakto. Hasil dari penelitian ini adalah diperoleh nilai  signifikansi (Sign) sebesar 0,515 yang artinya lebih besar dari 0,05. Selain itu uji t diperoleh nilai t-hitung = 0,657 > 0,316 = t-tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh penggunaan smartphone (X) secara siginifikan terhadap hasil belajar siswa (Y). Selanjutnya dalam penelitian ini diperoleh niai R Square 0,12 yang dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan smartphone (X) terhadap hasil belajar siswa (Y)  adalah sebesar 12 % sedangkan 88 % lagi dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2023

Cara Mengutip

Ningsih, S., Yanti, S., & Wahyuni, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jumper: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 2(2), 74–81. https://doi.org/10.56921/jumper.v2i2.89